Rabu 31 Dec 2014 20:19 WIB
Catatan 2014

HTI: 2015, Aliran Sempalan dan Kelompok Liberal Bakal Menjamur

Rep: c16/ Red: Mansyur Faqih
Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Ismail Yusanto memprediksi, aliran kepercayaan, kelompok sempalan dan liberal akan menjamur di Indonesia pada 2015.

Karena, pada 23 November lalu Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama Machasin berpendapat Ahmadiyah tidak menodai Islam.

Ia menjelaskan, pemerintah Joko Widodo melalu kementerian agama menjadikan kasus Ahmadiyah sebagai pertimbangan akan mencabut atau merevisi UU Penodaan Agama. Kemudian menggantinya dengan Rancangan Undang-undang Perlindungan Umat Beragama (RUU PUB).

Ismail khawatir, jika RUU PUB nantinya dipandang sebagai payung hukum bagi aliran kepercayaan dan kelompok sempalan atas nama perlindungan umat beragama. 

Menurutnya, RUU PUB justru dapat memunculkan keberanian aliran kepercayaan dan kelompok sempalan untuk melakukan langkah yang ujungnya adalah pelecehan terhadap agama.

"Kalau kontennya seperti seolah-olah melindungi kelompok-kelompok sempalan maka RUU PUB akan memberikan bahan bakar untuk munculnya kelompok sempalan," kata Ismail saat dihubungi ROL, Selasa (30/12).

RUU PUB, kata Ismail, harus memastikan bahwa perlindungan umat beragama itu adalah perlindungan terhadap umat beragama. Dalam arti agama yang sebenarnya secara ajaran yang disampaikan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement