Senin 01 Dec 2014 20:11 WIB

Kiai Hasyim: Islam Rahmat Bagi Seluruh Umat Termasuk Non-Muslim

Rep: c60/ Red: Agung Sasongko
Paus Fransiskus
Foto: AP
Paus Fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Mantan Ketua Umum PBNU, Hasyim Muzadi, mengatakan, agama Islam memiliki konsep rahmatan lil alamin, bukan hanya lil muslimin. Jadi islam adalah rahmat bagi semua umat bukan hanya untuk umat Islam tapi juga untuk non Islam.

Hal ini disampaikan Kiai Hasyim ketika dimintai komentar pernyataan Paus Fransiskus tentang Islam dan Muslim, Senin (1/12). Menurut Kiai Hasyim, dalam kondisi normal, agama Islam tidak mengajarkan umatnya memerangi non-Muslim. Dalam Islam, perang hanya diperbolehkan dilakukan dalam keadaan terdesak dan untuk membela kaum muslim.

“Tapi ayat untuk perang memang ada. Ketika

Selain itu, dia mengingatkan, tidak semua golongan umat Islam diperbolehkan untuk mengumumkan peperangan. Sebab kondisi peperangan hanya bisa diumumkan oleh negara. “Siapa yang boleh mengumumkan perang? Ya harus negara yang memproklamirkan perang,” ujar dia.

Dalam konteks Indonesia, KH Hasyim mengatakan perang tidak boleh dilakukan. Namun di negara Palestina, ayat peperangan boleh dikumandangkan sebab warga Muslim palestina diperangi dan terancam nyawanya oleh serangan Israel.

“Tapi dalam kondisi di Palestina berbeda. Di Palestina warga Muslim tidak punya pilihan lain kecuali mempertahankan nyawa dan akidahnya,” pungkas dia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement