Ahad 30 Nov 2014 20:29 WIB

Kemenag Bagi Madrasah Jadi Empat Tipe

Siswa madrasah membaca buku di perpustakaan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat/ca
Siswa madrasah membaca buku di perpustakaan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) mengembangkan madrasah menjadi empat tipe. Empat tipe tersebut yakni vokasi, reguler, keagamaan dan akademik.

Program ini dikhususkan untuk Madarasah aliyah (MA). Masing-masing madrasah bebas memilih tipe yang ada sesuai dengan kebutuhan dari madarsah tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Madrasah Kemenag, Nur Kholis Setiawan. Ia menjelaskan, pemerintah akan menyerahkan sepenuhnya proses pemilihan tipe tersebut kepada madrasah. Pemerintah akan hadir secara optimal untuk perbaikan fasilitas, regulasi dan pengembangan madrasah.

"Kita tidak akan menganggu minat. Tetap memberikan porsi kepada madarsah untuk memilih. Ketika mereka tahu kemampuannya otomatis akan memilih salah satu dari empat tipe tersebut.  Dan kita tidak menganaktirikan satupun," ujar Nur Kholis Setiawan kepada ROL, Ahad (30/11).

Menurutnya, pembentukan empat tipe madrasah ini sebagai strategi untuk pemberdayaan madrasah secara simultan. Hal ini dikarenakan saat ini masih banyak madrasah milik masyarakat. Dengan adanya tipe ini, Kemenag akan memberikan dorongan dan standarisasi madrasah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement