Selasa 11 Nov 2014 21:34 WIB

Orangtua dan Guru Harusnya Jadi Idola Utama, Bukan Superhero Televisi

Rep: c78/ Red: Agung Sasongko
Karakter superhero dalam komik
Foto: dc
Karakter superhero dalam komik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua dan guru memiliki peranan penting dalam perkembangan remaja. Ini artinya keberadaan orangtua dan guru seharusnya mereka jadikan sebagai idola utama, di tengah keberadaan

banyaknya “idola” yang dipromosikan sejumlah media massa.

Direktur Pendidikan Agama Islam Sekolah Umum Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Amin Hedari menerangkan, remaja dalam perkembangannya cenderung menyukai yang menarik dan membuatnya terkesan. Ia memiliki self idol yang bisa jadi ditujukan bagi orang-orang yang menurutnya menginspirasi.

Makanya, orangtua dan guru yang menyenangkan sekaligus mendidik berpeluang besar dipilih remaja sebagai sumber inspirasinya. “Jangan sampai mereka mengidolakan publik figure di TV yang berperilaku aneh, atau malah mengidolakan tokoh teroris,” kata dia. Lebih lanjut, remaja mesti dibuka wawasannya dengan kisan inspiratif pahlawan masa lalu, misalnya mereka yang berjuang untuk agama dan Negara. 

Agar terbangun jiwa nasionalisme dalam bingkai ajaran Islam yang damai. Pemerintah, lanjut dia, mengambil posisi pengawalan kurikulum, pengadaan guru-guru berkualitas, dan fasilitator kegiatan positif remaja agar mereka tak salah memilih idola.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement