Rabu 22 Oct 2014 20:30 WIB

Masjid Hassan II Gabungkan Keindahan Islam dan Panorama Samudera Atlantik

Masjid Hassan II
Foto: Muslimvillage
Masjid Hassan II

REPUBLIKA.CO.ID, CASABLANCA -- Masjid Hassan II atau Grande Mosque Hassa II di Casablanca, Maroko, menurut Wonderlist merupakan masjid paling indah keempat di dunia. Keindahannya mengikuti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Masjid yang selesai dibangun tahun 1993 ini berposisi menghadap Samudera Atlantik. Masjid ini memiliki menara setinggi 210 meter. Untuk pencahayaan, masjid ini memanfaatkan aplikasi laser. Juga pemanas lantai guna mengontrol temperatur ruangan masjid ketika suhu dingin tiba. Lantai masjid dibuat transparan sehingga jamaah juga melihat langsung Samudera Atlantik.

Selain itu, masjid ini juga secara keseluruhan berukuran sangat besar dengan dekorasi interior ruang shalat yang mengagumkan, dengan ukiran tangan para pengukir yang memang profesional di bidangnya ditambah dengan dekorasi hasil cetakan semen.

Lebih dari 6000 seniman maroko dipekerjakan pada proyek pembangunan masjid ini sejak dari awal pembangunannya. Dengan biaya proyek mencapai setengah miliar dolar dan sebagian besar dari dana pembangunan tersebut merupakan sumbangan dari rakyat Maroko sendiri

Pada bulan suci Ramadhan, dan hari liburan, masjid ini banyak dikunjungi jamaah.  Wisatawan non-Muslim diperbolehkan untuk mengunjungi Masjid hanya selama di luar waktu shalat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement