Rabu 22 Oct 2014 11:42 WIB

Rumah Tahfidz Berkembang Pesat di Sumsel

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Salah satu kegiatan santri di Rumah Tahfidz.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Salah satu kegiatan santri di Rumah Tahfidz.

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Lembaga pendidikan agama Islam dan penghafal Alquran, Rumah Tahfidz di Sumatera Selatan dalam dua tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup pesat.

"Jumlah Rumah Tahfidz yang dirintis Ustadz Haji Yusuf Mansur itu terus bertambah, hingga kini jumlahnya mencapai hampir 100 unit," kata Ketua Forum Rumah Tahfidz Sumsel Ustadz Masagus Fauzan Yayan, Rabu (22/10).

Menurut dia, Rumah Tahfidz di provinsi yang berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu mengalami perkembangan pesat dan diupayakan jumlahnya terus bertambah.

Jumlah pesantren mikro yang merupakan jenjang lanjutan Taman Pendidikan Al Quran (TPA) itu akan terus ditambah. Sehingga masyarakat yang akan belajar membaca serta mendapatkan teknik mudah dan cepat menghafal ayat-ayat Alquran di kawasan permukiman terdekat.

Dia menjelaskan, bentuk Rumah Tahfidz yang ada sekarang ini bervariasi. Ada yang berbasis masjid, ada yang menjadi program sekolah, ada yang dibina oleh instansi perusahaan, serta ada juga yang didirikan atas pribadi sebuah keluarga yang mewakafkan rumahnya untuk kegiatan pendidikan agama Islam itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement