Senin 06 Oct 2014 18:51 WIB

Kepada Siapa Kita Bersyukur?

Dzikir dan Doa
Foto: Republika/Agung Supri
Dzikir dan Doa

REPUBLIKA.CO.ID,

1.    Allah SWT, Penguasa Alam Semesta    

Sebagai penguasa jagat raya, Allah SWT tentunya yang paling berhak menerima     rasa syukur kita. Hanya karena rahmatNya kita. Azab yang pedih menanti mereka yang kufur nikmat, nikmat dan karunia kemudahan dan kelapangan dari Allah SWT menanti mereka yang bersyukur seperti yang tertera dalam Alquran     

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni'mat) kepadamu, dan jika kamu     mengingkari (ni'mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."(QS. 14:7)

Meski dijanjikan dengan nikmat yang luas, namun sangatlah sedikit mereka yang bersyukur, seperti yang tertera dalam Alquran "Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur." (QS. 40:61)

2.Kedua Orangtua

Orangtua menduduki kedudukan mulia disisi Allah SWT. Setelah bersyukur     kepada Allah SWT, kita diwajibkan bersyukur kepada kedua orangtua. Seperti yang tertuang dalam Alquran :

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu." (QS. 31:14)

3. Orang yang telah berjasa kepada kita

Mereka yang memiliki rasa syukur yang tinggi, terlihat dari perilakunya yang     pandai bersyukur kepada sesamanya, terutama pada mereka yang telah berjasa.Seperti hadis Rasulullah SAW menyebutkan :"Yang paling pandai bersyukur kepada Allah adalah orang yang paling pandai bersyukur kepada manusia."(HR. Ath-Thabrani)

Kini semakin jelas, bahwa perintah agama agar senantiasa bersyukur terbukti secara sains bermanfaat bagi diri kita sendiri, seperti firman Allah SWT : Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (QS.31:12)

Lantas, bagaimana cara kita bersyukur ?

1. Senantiasa Belajar dalam urusan akhirat dan selalu melihat kepada yang lebih dibawah untuk urusan dunia.

Sabda Rasullah SAW "Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan."(HR. Tirmidzi)

2.  Memuji Allah SWT pada setiap awal dan akhir perbuatan yang baik. Seperti sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah Ra. :"Setiap perbuatan baik yang tidak dimulai dengan memuji Allah, maka tidak sempurnalah perbuatan itu." (HR. Abu Dawud)

Tunggu apalagi, yuk kita mulai bersyukur mulai detik ini, agar kebahagiaan dunia akhirat dapat kita raih bersama.

al azhar memorial garden

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement