Sabtu 04 Oct 2014 22:39 WIB

Muslim Timika Gelar Pawai Takbir Keliling

timika
Foto: en.wikipedia.org
timika

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Ribuan Muslim di Kabupaten Mimika, Papua menggelar pawai takbir Idul Adha 1435 Hijriah keliling Kota Timika, Sabtu malam.

Kegiatan pawai takbir keliling itu dilepas oleh Asisten I Setda Mimika, Christian Karubaba bertempat di Lapangan Timika Indah.

Pemkab Mimika juga menyerahkan secara simbolis hewan kurban yang akan disembelih setelah ibadah shalat Idul Adha 1435 Hijriah, Minggu (5/10).

Tahun ini, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyumbang enam ekor sapi sebagai hewan kurban, sementara Gubernur Papua juga menyumbang dua ekor sapi sebagai hewan kurban untuk dibagikan kepada fakir miskin, para yatim piatu, jompo dan lainnya.

Umat Islam Timika tampak sangat antusias mengikuti kegiatan pawai takbir keliling menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Sebagian kendaraan sengaja dihias dengan berbagai lampu hias dan dilengkapi dengan pengeras suara mengumandangkan shalawat.

Wakapolres Mimika, Komisaris Polisi Wisnu Adi Nugroho, mengatakan kegiatan pawai takbir keliling itu menyusuri jalan-jalan utama di Kota Timika.

Rute yang dilintasi mulai dari Lapangan Timika Indah, Jalan Budi Utomo, Jalan Cenderawasih, Jalan Trikora, Jalan A Yani, Jalan Bhayangkara, Jalan Yos Sudarso, Jalan Hasanuddin, Jalan Budi Utomo dan kembali ke Lapangan Timika Indah.

Guna mengamankan kegiaan tersebut, Polres Mimika menerjunkan sekitar 200 personel dan sejumlah kendaraan patroli pengawal.

Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimka, Awaluddin Suly mengatakan kegiatan pawai takbir keliling dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 145 Hijriah yang jatuh pada Minggu (5/10).

PHBI mengimbau umat Islam (Muslim) agar menjaga ketertiban dan keselamatan selama mengikuti kegiatan pawai takbir keliling.

Awaluddin mengatakan Muslim di Kabupaten Mimika mendukung terciptanya suasana yang harmonis dan damai di Kabupaten Mimika, tanpa konflik.

Untuk mencegah terjadi konflik sosial antarkelompok masyarakat di wilayah itu, Muslim di Mimika meminta Pemkab setempat memberantas semua peredaran minuman keras beralkohol hingga ke akar-akarnya dan memberantas semua bentuk perjudian karena merusak akhlak dan moral masyarakat.

Adapun ibadah shalat Idul Adha 1435 Hijriah pada Minggu (5/10) dilaksanakan pada 49 masjid di seluruh Kabupaten Mimika.

PHBI Mimika juga menyiapkan Lapangan Timika Indah untuk kegiatan Shalat Idul Adha 1435 Hijriah yang dimulai pada pukul 07.00 WIT dipimpin oleh imam Ustadzs HM Tahir dan ceramah akan dibawakan oleh Ustadz Abdul Muthalib Elwahan selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Mimika.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement