Ahad 10 Aug 2014 15:10 WIB

Ribuan Calon Haji Asal Banten Belum Miliki Paspor

Jamaah Calon Haji
Foto: Republika/Yasin Habibi
Jamaah Calon Haji

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Sekitar 1.300 calon haji asal Provinsi Banten belum menyelesaikan pembuatan paspor haji, bahkan sebagian diantaranya masih terkendala masalah identitas di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten A Chuzaemi Abidin mengatakan, pihaknya masih menyelesaikan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi, karena masih ada sekitar 1.300 calon jemaah haji Banten belum menyelesaikan paspor haji.

Bahkan ada sekitar 30 calon haji masih terkendala masalah identitas untuk pengurusan paspor di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. "Kami mengawal terus pengurusan paspor ini, karena targetnya tanggal 22 Agustus 2014 harus sudah selesai semua," kata Chuzaemi Abidin.

Menurut Chuzaemi Abidin, paspor jemaah calon haji yang masih terkendala tersebut diantaranya berasal dari Wilayah Tangerang. Selain karena terkendala di Kantor Catatan Sipil, juga disebabkan dokumen pembuatan paspor yang baru masuk ke Kantor Imigrasi.

Ia mengatakan, dari jumlah sekitar 6.834 jemaah calon haji asal Provinsi Banten yang dijadwalkan berangkat pada musim haji 2014, ada lima orang diantaranya yang gagal berangkat, empat karena meninggal dunia dan satu karena menunda keberangkatannya.

"Empat orang meninggal yakni berasal dari Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Kuotanya akan diisi untuk urutan pendaftaran nomor berikutnya," katanya.

Menurut Chuzaemi, dari 6.834 calon haji asal Banten akan terbagi dalam 15 kloter. Kloter pertama akan diberangkatkan pada 3 September 2014 dan kloter terakhir calon jemaah haji asal Banten pada 27 September 2014.

"Untuk pemondokan calhaj asal Banten di Mekah, sebagian besar berlokasi Mahbahjin yang berjarak sekitar 1.700-1.800 meter ke Masjidil Haram," katanya.

Sementara itu sekitar 106.132 calon jamaah haji asal Provinsi Banten masuk dalam daftar tunggu atau 'waiting list' hingga untuk keberangkatan Tahun 2026 mendatang.

Menurut Chuzaemi, kuota calon haji untuk keberangkatan Tahun 2026 telah terisi penuh. Sehingga, bagi masyarakat Banten yang baru akan mendaftar haji tahun 2014 akan masuk dalam kuota 2027 atau menunggu selama 12 tahun untuk pemberangkatannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement