Kamis 07 Aug 2014 19:24 WIB

Masjid Raya Bani Umar, Masjid Tanpa Kubah (1)

Rep: Amri Amrullah / Red: Chairul Akhmad
Masjid Raya Bani Umar di kawasan Bintaro, Parigi Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan.
Foto: Masjidrayabaniumar.org/ca
Masjid Raya Bani Umar di kawasan Bintaro, Parigi Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak mempunyai kubah, tapi masjid ini memiliki menara setinggi 50 meter yang diklaim sebagai menara tertinggi di Tangerang.

Masjid dengan gaya arsitektur yang tidak biasa pada umumnya terkadang memiliki daya tarik tersendiri bagi umat Islam di kawasan Bintaro, Parigi Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Salah satu sebabnya, yakni berdirinya masjid dengan gaya arsitektur unik di wilayah itu sejak 2008 lalu.

Kompleks Masjid Raya Bani Umar ini berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektare dibangun pada 2007 atas prakarsa Hj Karlinah Umar Wirahadikusumah. Adalah sang suami, almarhum Umar Wirahadikusumah, wakil presiden Indonesia periode 1983-1988, yang berwasiat untuk membangun masjid itu.

Bangunan masjid berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 16.000 meter persegi. Masjid tak berkubah ini dirancang arsitek Fauzan Noe’man yang dikenal dengan karya berbagai desain indahnya, seperti Masjid At-Tin Taman Mini, Jakarta Islamic Center, Al-Markaz Makassar, dan Masjid Raya Batam Center.

Fauzan  mengatakan, kubah bukanlah unsur wajib dalam bangunan masjid. “Tidak punya kubah, tapi masjid ini memiliki menara setinggi 50 meter yang diklaim sebagai menara tertinggi di Tangerang,” ujarnya ketika peresmian masjid yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Walaupun Masjid Raya Bani Umar tidak berkubah namun tidak mengurangi nuansa spiritual ketika berada di dalamnya. Kemegahan masjid yang menelan biaya pembangunan Rp 2 miliar ini pun terlihat dari luar ketika jamaah memasuki wilayah masjid.

Secara keseluruhan bangunan masjid ini dapat menampung sekitar 1.600 jamaah untuk ruang shalat di lantai dua dan tiga. Bangunan masjid sendiri terdiri atas tiga lantai. Ruang shalat terletak di lantai dua dan tiga masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement