Kamis 07 Aug 2014 17:58 WIB

Umrah Sumbang Ekonomi Arab Saudi Senilai 1,6 Miliar Dolar AS

Rep: c92/ Red: Joko Sadewo
 Kabah di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi, Selasa (23/10).  (Hassan Ammar/AP)
Kabah di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi, Selasa (23/10). (Hassan Ammar/AP)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -– Kepala Komite Transportasi Kamar Dagang dan Industri di Mekah mengatakan, tahun ini musim umrah telah memberikan pemasukan bagi perekonomian lokal senilai 1,6 milyar dollar AS.

Saad al-Qurashi mengatakan kepada harian al-Watan, angka ini termasuk akomodasi, transportasi, dan layanan makanan. “Rata-rata pengunjung Umrah menghabiskan sekitar 270 dollar AS dan peserta Umrah yang mengunjungi Mekah menghabiskan total 1,6 milyar dollar AS, yang membuat musim Umrah kali ini sangat menguntungkan,” kata dia.

Ia mencontohkan, musim umrah tahun ini sangat baik dan keluhan yang muncul menurun secara signifikan dari tahun lalu. Dia mencatat hotel berbintang lima di pusat kota Makkah melaporkan tingkat hunian mencapai 100 persen. Sementara itu, akomodasi di sekitar wilayah pusat memiliki tingkat hunian rata-rata 60 persen.

“Perusahaan umrah telah sangat berpengalaman dan dapat mengatur agar terhindar dari kerugian, dan menangani hambatan yang mungkin mereka hadapi,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement