Kamis 07 Aug 2014 13:22 WIB

Antisipasi Ebola, Tiga Negara Afrika Dilarang Umrah dan Haji

Rep: C92/ Red: M Akbar
Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Natalia Endah Hapsari
Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah melarang penerbitan visa Haji dan Umrah untuk tiga negara Afrika, yaitu Sierra Leone, Guinea, dan Liberia. Juru bicara Kementrian Kesehatan Khalid Marghalani mengatakan, larangan ini terkait adanya kekhawatiran penyebaran virus ebola di negara-negara tersebut.

Kementrian Kesehatan terus berkoordinasi dengan Kementrian Haji dan Luar Negeri untuk mengambil langkah yang diperlukan di area perbatasan dan bandara.

''Kami telah mengkomunikasikan instruksi kepada semua pejabat di pintu masuk pelabuhan. Kami telah melatih personel kami cara mengidentifikasi dan menangani kasus-kasus Ebola dan mengontrol infeksi virus, seandainya itu terjadi,'' kata dia, Kamis (7/8).

Sementara itu, Kementrian Haji untuk urusan Haji mengatakan, pihak kementrian akan mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

''Khalid Al-Khaibari, juru bicara General Authority of Civil Aviation (CAVA) mengatakan tidak ada penerbangan langsung dari Arab Saudi ke tiga negara Afrika tersebut selama musim haji.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement