Kamis 24 Jul 2014 06:01 WIB

Muslim Namibia Eksis Melalui Peran Sosial (2)

Windhoek, Ibukota Namibia.
Foto: Wikipedia.org
Windhoek, Ibukota Namibia.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Fuji Pratiwi

Jumlah Muslim Namibia terus meningkat.

Mereka juga berasal dari beragam suku, termasuk suku terbesar di Namibia Ovambo, Damara dan Nama. Saat ini, Widnhoek menjadi kota dengan jumlah Muslim terbanyak, antara seribu dan 2.000 jiwa.

Semakin terlihatnya eksistensi Muslim dan Pemerintah Namibia yang terbuka terhadap berbagai agama dinilai berdampak positif bagi perkembangan Islam di Namibia.

 

Imam masjid

Jika dibandingkan ke peran skala nasional, peran Muslim Namibia masih kecil karena komunitasnya pun hanya 0,5 persen dari total populasi.

Namun, nilai-nilai Islam yang mengatur pernikahan, sistem ekonomi yang adil, kesehatan, dan banyak aspek kehidupan lainnya tetap disuarakan Muslim Namibia.

Imam masjid Soweto Islamic Center, Syekh Abubakr Tjipanga, yang diwawancari Bucher mengungkapkan, Soweto Islamic Center sendiri didirikan pada 1986. Sekira 50 Muslim dan 10 Muslimah menjadi jamaah tetap masjid kecil di sana.

Soweto Islamic Center memiliki hubungan erat dengan komunitas Muslim di berbagai wilayah, terutama dengan South Africa National Zakah Fund (SANZAF).

Selain menjadi imam masjid, Syekh Abubakr juga merupakan pengajar di University of Namibia, narasumber siaran radio Damara, Nama, dan konselor isu-isu sosial, seperti penanganan HIV/AIDS dan pernikahan.

Baru sekitar 50 Muslim Namibia yang sudah berhaji dan  11 orang saat itu tengah belajar bahasa Arab dan syariah di Arab Saudi.

Sekira 500 Muslim Namibia dan Muslim pendatang biasanya akan berkumpul untuk shalat Jumat berjamaah di Windhoek Islamic Centre (WIC) di Sam Nujoma Avenue.

WIC merupakan organisasi Islam induk di Namibia, Namibia Islamic Association, meski baru didirikan pada akhir 1999.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement