Kamis 24 Jul 2014 05:21 WIB

Jejak Rumah Sahabat di Madinah (2-habis)

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Foto: wayfaring.info
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Nashih Nashrullah

Keluarga besar Umar

Jendela ini pada dinding kiblat di seberang Raudhah adalah pintu utama rumah Abdullah bin Umar, putra khalifah kedua, Umar bin Khattab. Lokasi tempat tinggalnya berada di timur mihrab Masjid Nabawi.

Konon, Bilal mengumandangkan azan di atas atap rumah ini. Ketika itu, rumah ini merupakan salah satu rumah yang pintunya dibuka ke masjid.

Khalifah bin Mansur Mehdi Abbasi menutup dinding selatan sampai baris pertama pada 165 H. Keluarga besar Umar berhenti menggunakan pintu tersebut.

Sebagai alternatif, dibuatlah terowongan sebagai jalan masuk mereka. Pada 888 H, atas alasan keselamatan, Sultan Asyraf Aitabai menutup terowongan tersebut akibat membeludaknya minat pengunjung.         

Saksi Bisu Kebahagiaan Ali dan Fatimah

Pintu ini di sisi timur Raudhah menandai lokasi pintu rumah Ali bin Abi Thalib bersama sang istri tercinta, Fatimah RA, terletak. Fatimah adalah putri kesayangan Rasulullah SAW.

Dari pasangan suami istri inilah, keturunan Rasul dan para ahlul bait lahir dan berketurunan. Di lokasi ini pulalah, berdiri rumah yang menjadi saksi bisu kebahagiaan pasangan suami istri tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement