Selasa 08 Jul 2014 08:50 WIB

Karikatur Dinilai Hina Islam, Pemred Jakarta Post Akui Salah Ambil Keputusan

Karikatur Jakarta Post, edisi Kamis 3 Juli 2014.
Foto: Republika/Erik Purnama Putra
Karikatur Jakarta Post, edisi Kamis 3 Juli 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemimpin Redaksi (Pemred) Jakarta Post mengaku salah dalam mengambil keputusan memuat karikatur yang dinilai menghina Islam di koran tersebut pada edisi Kamis 3 Juli 2014. Karena itu, ia atas nama Jakarta Post menyatakan permintaan maafnya kepada publik atas karikatur tersebut.

"Kami minta maaf, ini semacam ada kesalahan mengambil keputusan. Kami merasa ada yang kurang bijak dari pemuatan karikatur ini," kata Pemimpin Redaksi Jakarta Post Meidyatama Suryodiningrat saat dihubungi Republika, Senin (7/7) malam.

Menurutnya, pemuatan karikatur itu lebih didasari atas kritik pengatasnamaan agama untuk melakukan kekerasan yang dilakukan oleh ISIS (Daulah Islam Irak dan Syiria) di Timur Tengah. Apalagi, kekerasan tersebut menimbulkan dampak negatif pada sesama kaum muslim di sana.

Karena itulah, Jakarta Post mengkritik kondisi tersebut melalui karikatur yang memuat bendera ISIS. Tetapi, bendera tersebut juga menggunakan kalimat suci umat Islam yakni "La Ilaha Illallah". Sehingga, memunculkan kesan bahwa Jakarta Post menghina lambang Islam tersebut.

Menurut Meidyatama, sebelum pemuatan karikatur itu, pihaknya sama sekali tak berpikiran bahwa akan berdampak munculnya reaksi keras dari umat Islam. Karena, redaksi Jakarta Post sama sekali tak memiliki maksud untuk menghina salah satu agama.

Tetapi, setelah hasilnya memunculkan berbagam macam opini yang dinilai merugikan Islam, Meidyatama akhirnya menyadari akan kekurangbijakan dari keputusan redaksi memuat karikatur tersebut. Hingga akhirnya, Jakarta Post menyatakan permohonan maafnya yang akan disampaikan di halaman koran dan juga situs resminya.

Seperti diketahui, dalam edisi yang dimuat di halaman 7, harian berbahasa Inggris tersebut memuat karikatur dengan gambar simbol Islam dalam ukuran yang cukup besar di rubrik Opini. Itu setelah karikatur tersebut menggambarkan bendera berlafaz 'laa ilaha illallah' dengan logo tengkorak yang terpasang di bendera.

Tidak sekadar itu, lafaz tahlil tersebut dipadukan dengan bendera tengkorak khas bajak laut. Kemudian, tepat di tengah tengkorak, tertera tulisan 'Allah, Rasul, Muhammad'. 

Gambar tersebut memuat karikatur dalam beberapa adegan. Adegan pertama menampilkan lima orang dalam posisi berlutut dengan mata tertutup kain dalam posisi berlutut di tanah dan tangannya terikat di belakang dalam posisi ditodong senjata. Di belakang ke lima orang itu berdiri seorang pria berjenggot serta bersorban sambil mengacungkan senjata laras panjang ke arah mereka, seolah-olah siap melakukan eksekusi. 

Gambar lainnya menunjukkan dari jarak dekat, terlihat mobil pikap merek Totoya, yang ditumpangi tiga orang dengan senjata berat, seperti peluncur roket dan antiserangan udara sedang siaga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement