Sabtu 21 Jun 2014 04:30 WIB

Masjid Pertama Denmark Dibuka di Tengah Kontroversi

Rep: c76/ Red: Bilal Ramadhan
Muslim di Denmark
Foto: Youtube
Muslim di Denmark

REPUBLIKA.CO.ID, COPENHAGEN-- Denmark adalah rumah bagi sekitar 226.000 muslim. Banyak dari mereka anak-anak pendatang yang telah tiba sejak 1960-an. Banyak dari mereka berharap masjid dan pusat kebudayaan Islam disatukan akhirnya diterima setelah puluhan tahun terpinggirkan.

Tetapi para politisi senior dan anggota keluarga kerajaan Denmark yang diundang untuk upacara pembukaan pada Kamis menjauh di tengah kekhawatiran bahwa organisasi di balik Masjid tersebut, the Danish Islamic Council (DIR), mempromosikan interpretasi yang konservatif  terhadap Islam.

Masjid yang didanai oleh sumbangan dari Hamad bin Khalifa al Thani, mantan emir Qatar, kritikus mengutip kaitan ideologis yang diduga antara DIR dan Ikhwanul Muslimin.

Sementara itu, liputan media pada malam menjelang pembukaan terfokus pada komentar yang dilaporkan oleh surat kabar Jyllands-Posten, yang memicu kemarahan Muslim di seluruh dunia pada tahun 2005. Mohamed al-Maimouni, juru bicara utama DIR, mengatakan kepada Al Jazeera itu mengecewakan bahwa para politisi memilih untuk menjauh.

"Ini adalah hari bersejarah bagi umat Islam di Denmark dan mengirimkan sinyal yang sangat negatif," kata al-Maimouni.

"Kami adalah bagian dari masyarakat dan kami bangga menjadi Denmark. Kami memiliki latar belakang agama kami, tapi itu tidak ada hubungannya dengan menjadi warga negara yang baik dan berpartisipasi secara positif dalam masyarakat ini".

Al-Maimouni mengatakan kompleks masjid, resmi dikenal sebagai Hamad Bin Khalifa Civilisation Centre, berdiri sebagai simbol identitas Danish-Muslim yang berkembang. Bangunan memiliki campuran elemen umum dari Skandinavia tradisional dan arsitektur Islam seperti jaringan bersih dan bentuk kesederhanaan, sementara warisan Eropa Moor-mengilhami referensi hiasan batu interior masjid Islam.

"Kami selalu mengatakan bahwa kami harus memiliki sebuah masjid Denmark, dan bukan masjid Mesir, atau masjid Qatar, atau sebuah masjid Maroko," kata al-Maimouni. "Semua perabotan adalah desain Denmark."

Akan tetapi sebuah protes yang direncanakan pada hari Kamis di luar masjid oleh anggota Stop Islamisasi Denmark (Siad), suatu kelompok pinggiran kelompok sayap kanan, dilarang oleh polisi dengan alasan bahwa itu beresiko memicu kerusuhan.

Yildaz Akdogan, perwakilan lokal dari Partai Sosial Demokrat, kata politisi harus berdiri dalam solidaritas dengan Muslim Denmark serta terlibat dalam dialog dengan kelompok-kelompok Muslim tentang isu-isu di mana mereka tidak setuju.

"Hal ini penting bagi para politisi untuk mengirim sinyal ke seluruh umat Islam di Denmark bahwa kami menerima Islam dan kami memiliki kebebasan beragama di negara kita," kata Akdogan Al Jazeera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement