REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kegiatan filantropi perusahaan di Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam satu tahun terakhir dengan nilai sumbangan yang relatif tinggi. Berdasarkan hasil penelitian Public Research and Advocacy Center (Pirac) dan Dompet Dhuafa, sumbangan yang disalurkan perusahaan mencapai Rp 8,6 triliun.
Direktur Eksekutif Pirac, Hamid Abidin, mengatakan, sumbangan tersebut disalurkan oleh 455 perusahaan untuk mendukung 1.856 program sosial. Penelitian trend corporate philantropy di Indonesia ini dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari 14 media cetak dan 14 media online selama 2014.
"Kami memperkirakan jumlah sumbangan perusahaan jauh lebih tinggi dari nilai tersebut," ujar Hamid, pada acara public expose Trend Corporate Philantropy In Indonesia: Potensi dan Tantangan Pengembangannya, Kamis (19/6), di Galeri Cafe, Cikini, Jakarta Pusat.
Hamid menjelaskan, pesatnya perkembangan kegiatan filantropi di Indonesia dipengaruhi oleh kesadaran perusahaan terhadap tanggung jawab sosial yang meningkat. Kesadaran tersebut, diwujudkan dengan menyelenggarakan dan menyumbang kegiatan sosial.