Selasa 27 May 2014 16:18 WIB

Jelang Ramadhan, Masjid di Malaysia Bersolek

Masjid Al-Attas, Johor Baru, Malaysia.
Foto: Artmelayu.com
Masjid Al-Attas, Johor Baru, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,  JOHOR BARU -- Bulan suci Ramadhan terhitung masih sebulan lagi. Namun, umat Islam di Malaysia sudah bersiap-siap menyambut datangnya bulan tersebut.

Di Johor Baru, Masjid Al-Attas, masjid berusia 146 tahun itu tengah diperbaiki. Harapannya dapat selesai tepat bulan suci Ramadhan.

Anggota Panitia Perbaikan Masjid, Syed Abdullah Syed Alwee mengungkap perbaikian ini merupakan kali ketiga dilakukan sejak dibuka 146 tahun lalu. Masjid ini dibangun pada tahun 1868. "Masjid ini merupakan masjid tertua yang dibangun pada sejarah modern Johor," kata dia.

Awalnya, ungkap Syed, tanah tempat masjid berdiri merupakan sumbangan dari saudagar keturunan Arab, Al-Attas. Merekalah yang mewakafkan tanah tersebut sekaligus membiayai bangunan masjid. "Perbaikian ini selain dibiayai umat Islam, juga dibiayai Al-Attas dan keluarga," kata dia.

Bila perbaikan masjid selesai, kapasitas masjid ini yang semula 400 jamaah menjadi 1.400 jamaah. Nantinya, juga ada satu ruangan khusus untuk pembinaan mualaf dan pendidikan Alquran. "Mayoritas jamaah kami adalah karyawan yang bekerja di perkantoran dan kompleks perbelanjaan dekat masjid," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement