Rabu 21 May 2014 05:17 WIB

Kontribusi Muslim Dalam Pertanian Spanyol (2)

Rep: c/ Red: Damanhuri Zuhri
Andalusia, Spanyol
Foto: picturesspain.com
Andalusia, Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, -- Menurut pandangan Scott, sistem pertanian Muslim di Spanyol merupakan sistem pertanian yang paling kompleks, ilmiah, dan sempurna yang pernah dibuat oleh manusia.

Sementara cendekiawan Inggris, Joseph Mc Cabe, menceritakan, di bawah kekuasaan Islam, Andalusia menjelma menjadi daerah perkebunan yang subur.

Di Andalusia, kata dia, perkebunan besar membentang di sepanjang Sungai Guadalquivir. Terdapat sekitar 12 ribu desa di sepanjang sungai itu. Segala kesuburan itu tak pernah muncul ketika Andalusia masih berada di bawah penguasaan kaum Nasrani.

Di Andalusia, para petani Muslim menanam dan merawat sendiri perkebunan mereka. Hal ini berbeda dengan kaum Nasrani yang menyerahkan pengerjaan lahan perkebunan mereka kepada para budak

Jeruk adalah salah satu tanaman yang ditanam para petani Muslim di Andalusia. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air, tapi dapat memperoleh hasil yang besar.

Sistem irigasi yang baik memainkan peran penting dalam menumbuhsuburkan tanaman tersebut. Selain jeruk, Muslim juga memperkenalkan tanaman irigasi lainnya ke Spanyol, yakni tebu.

Sebelum peradaban Islam masuk ke Spanyol, masyarakat setempat hanya menanam satu jenis tumbuhan di satu lahan. Namun, berkat pengaruh peradaban Islam, terjadilah kemajuan.

Tak hanya satu jenis tumbuhan, sebidang lahan kini digunakan untuk menanam beragam jenis tumbuhan. Bahkan, rotasi penanamannya pun terus meningkat.

Kaum Muslim pada masa itu juga sudah piawai di bidang persilangan dan pemuliaan tanaman. Berkat teknik persilangan yang mereka kuasai, lahirlah varietas-varietas tanaman baru dengan kualitas lebih baik.

Tak mengherankan, kota-kota besar Islam mampu memenuhi kebutuhan penduduknya akan berbagai buah-buahan dan sayuran, sesuatu yang kala itu belum dinikmati oleh masyarakat Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement