Ahad 11 May 2014 23:45 WIB

PM3 Gelar Kuliah Gratis Pengkaderan Imam

Kampus Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu di Dusun Windusajan, Desa Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.
Foto: Dok PM3
Kampus Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu di Dusun Windusajan, Desa Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, MERBABU – Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3) bekerja sama dengan Relawan Masjid Indonesia (RMI) membuka "Program Kuliah dan Nyantri Gratis dengan fokus Pengkaderan Dai dan Imam Masjid".

Program dengan visi membentuk dai yang siap berkiprah di masyarakat serta mampu berwirausaha dan berjiwa relawan ini digelar selama tiga tahun ini. Pendidikan akan dipusatkan di Kampus Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu, Dusun Windusajan, Desa Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

“Misi yang diikhtiarkan adalah mempersiapkan calon-calon dai yang memiliki kemampuan sebagai mubaligh, imam dan khatib untuk menjadi ruh dakwah dalam pembinaan masyarakat Islam,” ujar Pengasuh PM3, M Fanni Rahman, dalam surelnya yang dikirimkan Ahad (11/5).

PM3, ia melanjutkan, juga berupaya mempersiapkan bekal kemandirian bagi dai untuk berwirausaha, membina dan mengembangkan potensi masjid dan masyarakat.

Adapun materi pendidikan yang akan didapatkan mahasantri nantinya adalah hafalan Alquran, akidah, Bahasa Arab, fikih, hadis, tafsir, usul fikih, mustholah hadis, ulumul Quran, fikih dakwah, tazkiah, tajwid, sirah, manajemen masjid, retorika dakwah, dan dunia Islam.

“Target diselenggarakannya program ini adalah hafalan Alquran, berakidah Islam Ahlus Sunnah wal Jamaah, benar ibadahnya dan terpuji akhlaknya,” kata Fanni.

Lulusan PM3 juga diharapkan memiliki totalitas dalam dakwah dan siap terjun di masyarakat. “Mereka hendaknya mempunyai kemandirian berwirausaha dan mampu mengelola masjid dan taman pendidikan Alquran (TPA).”

Selain materi pokok, juga ada kegiatan penunjang para mahasantri, yakni kegiatan RMI, Thibbun Nabawi, magang wirausaha, kepenulisan, training motivasi, beladiri, pencinta alam, dai mukim, dan Public Speaking.

Untuk para pengajarnya terdiri dari lulusan Timur Tengah dan praktisi dakwah. Di antaranya Ustaz Muhammad Abu Dzar Lc, Ustaz Musthafa, Ustaz Salim A Fillah, dan Ustaz Mohammad Fauzil Adhim.

Bagi yang akan mendaftar ada beberapa persyaratan. diantaranya laki-laki, minimal lulus SMA/MA/SMK/sederajat, maksimal usia 25 tahun, mengisi formulir, menyiapkan foto 3x4 sebanyak tiga lembar, menyiapkan foto copy KTP dan akte lahir.

Calon mahasantri juga harus menunjukkan ijazah SMA/MA/sederajat asli dan foto Copy, serta surat keterangan sehat. Untuk pendaftaran gratis dan ikut seleksi.

Waktu pendaftaran pada 1 Mei-10 Juli 2014. Dan pelaksanaan tes digelar pada tanggal 12 Juli 2014. Materi tes antara lain baca tulis Alquran, keislaman, matematika, dan wawancara.

Tempat pendaftaran di Kompleks Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu,  Dusun Windusajan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Bagi yang mau mendaftar dapat menghubungi Ustaz Muhammad Abu Dzar  (082220665258), Ustaz Ahsin (085643551832), dan Ustaz Musthafa (081291325252). Pendaftar juga dapat mengirimkan surel ke: [email protected].

“Untuk itu, kepada kaum Muslim baik dirinya, keluarganya, maupun siapa saja yang berminat mengikuti program ini, bisa segera mendaftar. “Program ini berlangsung selama tiga tahun tanpa dikenakan biaya alias gratis,” pungkas Fanni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement