Rabu 09 Apr 2014 17:18 WIB

Cara Muslim Skotlandia Promosikan Islam

Muslim Skotlandia
Foto: onislam.net
Muslim Skotlandia

REPUBLIKA.CO.ID, DUNDEE -- Komunitas Muslim Skotlandia mengenalkan ajaran Nabi Muhammad SAW dengan cara unik. Mereka memanfaatkan medium iklan luar ruang dan moda transportasi.

Cara ini dipilih, dengan harapan menjangkau lebih luas. "Kami berharap dakwah yang dilakukan bisa mengenalkan sosok Rasulullah. Ini bisa menyasar tak hanya kalangan non-Muslim tetapi juga generasi muda Muslim," kata Sami Zaveri, aktivis Muslim, seperti dilansir onislam.net, Rabu (9/4).

Menurut Sami, informasi tentang Islam dan Rasulullah yang diberitakan media massa tidaklah benar. Disinilah, pentingnya keaktifan umat Islam sendiri. "Kami ingin melihat masyarakat Skotlandia bisa melihat secara langsung sosok teladan Muhammad SAW," ucapnya.

Kampanye ini sudah dirintis sejak September 2013.  Isi kampanye itu menitikberatkan pada teladan Rasulullah. Pada Januari 2014, dirintis pembentukan  bank makanan. Melalui bank ini, bantuan makanan diberikan kepad ayang membutuhkan.

Selanjutnya, kampanye juga mulai merambah dunia maya. Medium ini dimanfaatkan guna mengumpulkan donasi guna diperuntukan untuk pemberian bantuan berupa makanan dan pakaian hangat para tunawisma.

"Mereka membutuhkan bantuan. Saya pribadi tidak mungkin bertahan tanpa adanya musim dingin," ucap dia.

Pada akhirnya, segala upaya yang dilakukan Muslim Skotlandia diharapkan dapat menunjukan sisi kepedulian umat Islam. Hal yang mungkin tidak pernah dilihat warga Skotlandia.

"Rasulullah mencontohkan untuk membantu sesama," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement