Senin 07 Apr 2014 17:35 WIB

Teknik Ini Permudah Mualaf Baca Alquran

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Agung Sasongko
Seorang warga Tionghoa menahbiskan diri menjadi mualaf di Masjid Lautze, Jakarta Pusat.  (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Seorang warga Tionghoa menahbiskan diri menjadi mualaf di Masjid Lautze, Jakarta Pusat. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemampuan membaca dan mengkaji Alquran mutlak harus dikuasai para mualaf. Kemampuan itu harus dipupuk secara perlahan dan bertahap dengan harapan hasilnya menjadi maksimal.

Ustaz Achmad Farid Hasan mengungkap kesulitan dalam membaca  Alquran bagi para mualaf biasanya karena mereka merasa sulit mengerti huruf Hijaiyah. Akan tetapi melalui teknik tertentu semisal metode Islami--metode yang dirumuskan Ustad Achmad, seseorang yang belum bisa sama sekali membaca Alquran akan menjadi bisa dalam waktu 30 menit.

"Kunci baca Alquran ada tiga. Pertama mengusai huruf, kedua tanda baca dan ketiga tajwid. Mengusai huruf, tanda baca hanya perlu setengah jam," ucapnya kepada ROL. Senin (7/4).

Melalui metode ini, Ustaz Achmad mempermudah bagi mereka yang belum mengerti sama sekali tulisan hijaiyah dengan menggantinya kedalam huruf latin. Ia mencotohkan seperti huruf alif dipanggil huruf depannya saja menjadi huruf a. Sama juga seperti huruf ba, dal dan syin diubah menjadi b, d dan s.

"Huruf itu jangan sampai dipanggil nama lengkapnya, dipanggil nama depannya saja. Itu yang membuatnya menjadi mudah," terangnya.

Buat mualaf atau pemula, lanjutnya, dalam metode ini disarankan tidak membaca dengan lengkap. Alasanya akan menyulitkan ketika dilafalkan. Banyak kejadian orang sulit membaca Alquran karena sulit membacanya, karena merasa sulit lalu mereka mengurungkan niat untk membaca Alquran

"Dari 30 huruf hijaiyah itu, semua ada ciri-cirinya. Kalau orang sudah tau ciri-cirinya masing-masing itu akan gampang diingat dan kuat," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement