Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Tender Penerbangan Haji Diminta Transparan

Senin 17 Mar 2014 13:53 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya

Pesawat Garuda Boeng 767-A300 yang mengangkut jamaah haji.

Pesawat Garuda Boeng 767-A300 yang mengangkut jamaah haji.

Foto: Antara/Ampelsa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggota DPR RI Komisi VIII Achmad Rubae meminta agar tender maskapai penerbangan haji agar dibuka secara transparan. Tujuannya agar tidak ada kecurigaan dari publik atau maskapai lain yang ikut tender penerbangan haji tahun ini.

"Kita minta tender itu bisa dibuka informasinya ke semua penerbangan agar semakin banyak maskapai yang ikut serta," ujar Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini kepada ROL, Senin (17/3).

Menurut dia, tujuan awal agar diadakan tender penerbangan haji pada tahun ini agar ada persaingan peningkatan layanan penerbangan. Termasuk, kata dia, ada persaingan dalam tarif penerbangan yang jumlahnya mengambil porsi yang cukup besar dari komponen biaya langsung di biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

Ia pun berharap beberapa maskapai luar mampu ikut serta dalam tender tersebut, untuk mengimbangi Saudi Airlines. "Kita harap tender ini bisa meningkatkan pelayanan dan tarif yang lebih bersaing," tuturnya.

Pada tahun lalu hanya dua maskapai yang menyediakan penerbangan haji di Indonesia, yakni Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA