Ahad 16 Mar 2014 11:11 WIB

Alisan Tour Gelar Milad ke-14 di Jeddah

Jamaah umrah akan memasuki Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: ROL/Agung Sasongko
Jamaah umrah akan memasuki Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh; Syahruddin el Fikri

Memperingati milad (ulang tahun) ke-14, biro penyelenggara haji dan umrah PT Al Iman Ahsan Travel (Alisan) menggelar perayaan di Jeddah, Arab Saudi. Peringatan milad dirayakan bersama 500 jamaah umrah yang berangkat menggunakan jasa Alisan Travel.

Direktur Utama Alisan Ali Mohammad Amin mengatakan, sebanyak 500 jamaah umrah berangkat ke Tanah Suci Rabu (26/2) dan kembali ke Tanah Air Kamis (6/3). Ali menjelaskan, milad Alisan diperingati pada 16 Rabiul Akhir setiap tahunnya.

Tahun ini, kata dia, perayaan puncak milad ke-14 Alisan dilaksanakan Rabu (5/3) bertepatan dengan 3 Jumadil Awal 1435 Hijriyah di Jeddah. “Insya Allah, kita (Alisan—Red) memberangkatkan sejumlah 14 bus,” kata Ali kepada Republika, awal pekan ini.

Ia menambahkan, perayaan milad ke-14 tersebut juga akan diikuti sejumlah selebritas. Namun, ia enggan mengutarakan nama artis tersebut. “Insya Allah, ada dari rekan artis yang ikut berangkat bersama kami,” ungkapnya.

Ali menyebutkan, pada peringatan milad yang ke-13 tahun 1434 H lalu, ada beberapa artis yang juga ikut. Di antaranya, Dewi Sandra dan Olla Ramlan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, tambah Ali, ada pula tokoh nasional yang berangkat bersama Alisan. Salah satunya, mantan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais.

Ali menjelaskan, pada peringatan milad ke-14 kali ini, sedikitnya ada tiga agenda yang ingin diraih, yakni ibadah, ziarah, dan refreshing (hiburan).

“Tujuan umrah itu yang utama adalah ibadah. Maka, bila ibadah sudah selesai, kita akan melanjutkannya pada ziarah ke sejumlah tempat bersejarah di Tanah Suci, baik yang ada di Madinah, Makkah, maupun di Jeddah,” ujarnya.

Di antara tempat yang dikunjungi, kata Ali, antara lain, Jabal Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Masjid Sab'ah, dan kebun kurma (Madinah), Muzdalifah, Mina, Arafah (Jabal Rahmah), Masjid Namirah, Jabal Tsur, dan Jabal Nur (gua hira) serta pemakaman Ma'la.

Adapun untuk hiburannya, kata dia, selain bisa bersantai ke pusat perbelanjaan (shopping), peserta juga dihibur artis yang berangkat bersama Alisan.

Untuk milad kali ini, kata Ali, pihaknya akan memberikan sejumlah doorprize bagi peserta. Salah satunya umrah gratis untuk dua orang.

Selama di Madinah, tambah Ali, jamaah ditempatkan di Al-Harithiyah Hotel atau Royal Dinar di Makkah menggunakan Royal Dar al-Eiman dan di Jeddah menggunakan Red Sea Hotel. Adapun untuk biaya umrah milad ini setiap jamaah dikenakan sebesar 2.500 dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement