Kamis 13 Mar 2014 11:33 WIB

LPNU: Indonesia Berdaulat dengan Tiga Pilar

Rep: Muhammad Ibrahim Hamdani/ Red: Chairul Akhmad
Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebagai salah satu pendiri bangsa dan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) berkepentingan untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, maju dan berkeadilan.

Sekretaris Lembaga Perekonomian NU (LPNU) Muhammad Solechan mengatakan, dalam membangun peradaban bangsa Indonesia, NU menggunakan tiga asas. Yaitu, Nahdlatul Wathan atau gerakan cinta tanah air dan kebangsaan Indonesia; Tashwirul Afkar atau gerakan khazanah/ intelektualisme pemikiran ulama; Nahdlatut Tujjar atau gerakan perdagangan dan ekonomi.

“Dengan landasan tiga pilar itu, NU ingin mewujudkan negara yang berdaulat bersama-sama dengan pemerintah dan komponen bangsa Indonesia lainnya,” ujar Solechan usai diskusi bulanan Nahdlatul Ulama (NU) di Jakarta, Rabu (12/3) malam.

Kedaulatan ini, menurut dia, akan bertumpu pada pemikiran kebangsaan yang maju dan gerakan ekonomi yang mapan. NU akan berkhidmat dalam proses transformasi menuju ketahanan pangan nasional atau bidang pertanian.

Jadi, kata Solechan, semua konstruksi peran strategis NU khususnya LPNU, diarahkan untuk mewujudkan sistem tata niaga dan perdagangan yang berkeadilan. NU juga ingin berpartisipasi aktif dalam sistem perekonomian Indonesia yang prorakyat.

“Dalam perekonomian yang prorakyat dan berkeadilan, tidak ada kesenjangan sosial-ekonomi yang terlalu tinggi antara rakyat yang miskin dan yang kaya. Jadi, harus ada pemerataan ekonomi.”

Untuk mewujudkan cita-cita NU dan banga Indonesia ini, diperlukan pemimpin Indonesia masa depan yang adil dan amanah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement