Kamis 13 Mar 2014 10:32 WIB

Jalan Sehat Hari Sampah Banjar Berhadiah Umrah

Umrah (ilustrasi)
Foto: Antara
Umrah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Gerak jalan sehat yang dijadwalkan digelar Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (14/3) dalam rangka hari bebas sampah menyediakan hadiah dengan nilai cukup besar, yakni umrah ke tanah suci Mekkah.

Kepala Bagian Humas Setdakab Banjar Rahmaddin MY di Martapura, Kamis mengatakan, jalan sehat itu akan diikuti Bupati Khairul Saleh bersama istri Raudhatul Janah dan seluruh pejabat serta pegawai pemkab setempat.

"Jalan sehat bersama Bupati Banjar ini terbuka bagi seluruh masyarakat baik dari Kota Martapura, Banjarbaru dan daerah lain serta tanpa dipungut biaya," ujar mantan Kabid Kebersihan Dinas Perumahan dan Permukiman itu.

Kegiatan yang dijadwalkan dilaksanakan Jumat (14/3) pukul 06.30 Wita itu ditargetkan diikuti sepuluh ribu peserta dari berbagai lapisan masyarakat karena tujuannya membangkitkan kesadaran individu masyarakat peduli lingkungan.

Ia mengatakan, selain umrah, satu unit sepeda motor ramah lingkungan sumbangan pihak ketiga diperebutkan seluruh peserta gerak jalan sehat yang dipusatkan di Alun Alun Ratu Zalecha Jalan Ahmad Yani Km.40 Martapura itu.

Dijelaskan, sejak pendaftaran dibuka, Jumat (7/3) hingga Rabu (12/3) jumlah calon peserta sudah lebih dari lima ribu orang. Hingga pendaftaran ditutup, Kamis (13/3), diharapkan peserta yang ikut jalan sehat mencapai 10.000 orang.

"Animo masyarakat yang ingin berpartisipasi besar sekali, bahkan panitia sempat kewalahan menerima banyaknya warga yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta," ucap pria berkaca mata itu.

Dikatakan, panitia membuka posko pendaftaran di Kantor Bank Sampah Sekumpul Jalan Pendidikan, kantor Dinas Perumahan dan Permukiman Jalan Hidayatullah serta kantor BLH Jalan Ahmad Yani Km 38 Martapura.

Uniknya, anggota masyarakat yang ingin mendaftar harus membawa sampah berbagai jenis baik koran, kardus maupun botol plastik bekas air mineral yang ditukar dengan baju kaos untuk dipakai saat kegiatan.

"Syarat pendaftarannya memang mudah, cukup membawa setengah kilogram sampah baik koran, kardus maupun botol plastik, sudah bisa menjadi peserta dan mendapatkan kaos eksklusif," katanya.

Ditambahkan, gerak jalan sehat merupakan wujud dan kepedulian seluruh jajaran Pemkab Banjar dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat, sehingga kesehatan selalu terjaga.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement