Kamis 27 Feb 2014 13:05 WIB

Belajar Shalat dengan Robot Veldan, Mau?

Rep: ahmad islamy jamil/ Red: Taufik Rachman
Robot veldan
Robot veldan

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN —  Seorang guru SD di Iran telah mengembangkan sebuah robot untuk mempermudah para muridnya dalam mempelajari gerakan shalat mereka sehari-hari.

Euro News melaporkan, Robot ini pertama kali dirancang oleh Akbar Rezaie (27 tahun). Lelaki muda ini merupakan staf pengajar ilmu Alquran di SD Alborz, Varamin, dekat ibu kota Teheran.

Karya unik tersebut berawal dari keisengan Rezaei saat mengikuti kelas privat robotika beberapa waktu lalu. Dari situ, dia memperoleh keterampilan merakit dan mengembangkan robot humanoid yang gerakannya dapat disesuaikan layaknya gerak tubuh manusia.

Rezaie terus melakukan eksmperimen di rumahnya. Setelah melakukan beberapa modifikasi mekanis, ia akhirnya berhasil membuat robot yang mampu memperagakan gerakan-gerakan shalat seperti ruku dan sujud.

Robot tersebut kemudian ia beri nama ‘Veldan’ (dalam bahasa Arab disebut ‘wildan’—Red), sebuah istilah dalam Alquran yang berarti ‘pemuda surga’.“Sebelumnya aku terbiasa melakukan shalat dengan tergesa-gesa. Tapi, sekarang aku ingin shalat lebih pelan (tuma’ninah) lagi seperti robot ini,” kata salah seorang murid SD Alborz, seperti dilansir dari OnIslam.net.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement