Kamis 27 Feb 2014 12:21 WIB

Melawan Korupsi (2)

Rep: Mohammad Akbar/ Red: Chairul Akhmad
Warga melintasi Mural yang bertuliskan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Warga melintasi Mural yang bertuliskan

REPUBLIKA.CO.ID, Aktivis HMI dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Subairi Muzakki menilai, korupsi yang kini terjadi di Indonesia karena adanya faktor kultural dan struktutal.

Secara kultural, korupsi  terlahir karena telah terkikisnya nilai-nilai luhur dan moralitas manusia. Secara struktural, kata Subairi, karena sistem dan pola kerja negara yang memberi ruang bagi lahirnya praktik korupsi.

Dari dua hal inilah, harusnya masalah korupsi dibenahi.''Kalau secara kultural tentu yang dibenahi dengan meneguhkan kembali nilai-nilai luhur budaya dan agama. ''Sedangkan di tingkat struktural, mesti dibangun sistem yang mampu menutup peluang orang melakukan korupsi,''  ujarnya.

Subairi juga tak yakin kalau Indonesia akan mampu meniru Cina dalam memberantas korupsi. Di Negeri Tirai Bambu tersebut para pelaku korupsi ditembak mati sebagai upaya memberi efek jera. Di Indonesia, terkadang niat membunuh koruptor justru malah melahirkan simpati dan empati.

''Saya kira kita tidak mungkin melakukannya. Cina melakukan itu karena sesuai dengan nilai kultural di sana. Korupsi sudah dianggap musuh negara dan itu sudah merasuk menjadi nilai kultur. Jadi, semua orang Cina sudah menganggap koruptor memang seharusnya ditembak mati,'' paparnya.

Lantas, dengan status mahasiswa sebagai salah satu agen perubahan, apa yang kini bisa dilakukan? Subairi dan Reza sepakat perlu adanya upaya memperbaiki diri ke dalam. ''Korupsi tak akan pernah selesai dengan hanya aksi (demonstrasi) tanpa ada solusi. Saya rasa perbaikilah diri sendiri sebelum menjadi wakil rakyat atau pemimpin,'' ujar Reza.

Sedangkan Subairi melihat, mahasiswa tak hanya cukup melakukan aksi demontrasi untuk memerangi korupsi. Demo hanya untuk mendobrak kebuntuan kekuasaan struktural. Tapi, tidak bisa mengubah aspek moral atau nilai-nilai budaya.

“Saya rasa yang dapat dilakukan generasi muda adalah terus-menerus melakukan penyadaran tentang bahaya korupsi. Menanamkan kembali nilai-nilai keluhuran untuk berani bersikap jujur,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement