Kamis 27 Feb 2014 03:48 WIB

Sultan Banjar Deklarasi Bersih Sampah

Rep: heri ruslan/ Red: Damanhuri Zuhri
  Dua orang anak melintasi sampah yang berserakan di bahu Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Rabu (26/2).    (foto: Raisan Al Farisi)
Dua orang anak melintasi sampah yang berserakan di bahu Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Rabu (26/2). (foto: Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Bupati Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sultan H Khairul Saleh, memimpin Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.

Sultan Banjar yang juga Sekjen Kerapatan Sultan dan Raja se-Borneo itu bersama Wali Kota Probolinggo Hj Rukmini membacakan naskah deklarasi pada acara Peringatan Hari Peduli Sampah 2014 di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Senin (24/2).

Ketua Orwil Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kalsel itu dipilih Kementerian Lingkungan Hidup untuk memimpin Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.

Sultan H Khairul Saleh dinilai sebagai seorang sosok kepala daerah yang memiliki komitmen kuat terhadap masalah lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya prestasi lingkungan yang diperoleh Kabupaten Banjar.

Sultan Banjar juga terpilih sebagai kepala daerah yang diundang secara khusus oleh Kementerian Lingkungan RI untuk berkunjung ke Republik Ceko dan Jerman. Sultan akan melihat secara langsung pemanfaatan limbah pertanian untuk diolah menjadi energi  biogas massal.

“Sebuah kehormatan bagi kami masyarakat Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar khususnya, mendapat kepercayaan pemerintah memimpin Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020,” ujar Sultan.

Menurut Sultan, peringatan Hari Peduli Sampah 2014 merupakan momen penting bagi daerah untuk mempertajam program-program kebersihan lingkungan, terutama manajemen tata pengelolaan sampah.

Peringatan Hari Peduli Sampah dihadiri 52 bupati/wali kota berprestasi di bidang lingkungan, pelaku usaha, pemuka, dan tokoh agama.

Menteri Lingkungan Hidup RI Prof Balthasar Kambuaya mengapresiasi tinggi kehadiran dan kepedulian kepala daerah yang turut menyukseskan Hari Peduli Sampah 2014 sekaligus Deklarasi Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.

Pelaksanaan Hari Peduli Sampah (HPS) 2014 mendapat perhatian khusus negara dan lembaga-lembaga dunia yang peduli masalah sampah.

Hal itu dibuktikan dengan diundangnya kepala daerah serta pelaku usaha peduli sampah untuk mengikuti Fifth Regional 3R Forum in Asia and The Pacific pada 25–27 Pebruari 2014 di Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement