Senin 24 Feb 2014 15:05 WIB

Relawan RZ Gelar Program Hijaukan Masjid

Rumah Zakat
Foto: rumahzakat.org
Rumah Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Rumah Zakat (RZ) telah membersihkan dan menghijaukan 226 masjid di seluruh Indonesia sejak awal 2014.

Lewat gerakan Masjidku Bersih dan Hijau yang dimulai April 2013, 1.450 relawan RZ telah bergerak di 32 kota dari Aceh hingga Papua.

Dalam aksi ini, relawan membersihkan masjid, menanam pohon di lingkungan masjid, dan menyalurkan bantuan peralatan kebersihan.

Selain Relawan Rumah Zakat, aksi ini juga melibatkan remaja masjid, masyarakat lokal, dan komunitas lingkungan.

“Alhamdulillah, gerakan ini tersebar luas dan sinergi dengan beragam pihak,” ujar Koordinator Relawan RZ, Herlan Walandarian Syah, pekan lalu.

Gerakan ini, ungkap Herlan, adalah upaya untuk mengajak masyarakat kembali memakmurkan dan mencintai masjid.

“Dengan kondisi dan suasana masjid yang bersih, asri, rapi, harapannya jamaah menjadi lebih betah dan rindu ke masjid," Herlan menjelaskan.

Selain agar asri, pepohonan yang ditanam diharapkan membantu proses penyerapan air agar risiko banjir berkurang.

Masjid yang diutamakan untuk dibersihkan RZ adalah masjid yang kurang terawat karena keterbatasan tenaga. Salah seorang relawan masjid RZ, Dinni Helmiyati, mengungkapkan fokus program ini adalah masjid yang memiliki sedikit pengurus.

Tak jarang ada beberapa masjid yang dijaga hanya satu marbot. "Yang mengurus segala hal dari kebersihan hingga perawatan sarana," tutur Dinni.

Aksi yang dilakukan adalah membersihkan toilet, tempat wudhu, ruang utama masjid, penataan taman masjid, dan pemasangan poster untuk dekorasi masjid. Aksi tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Baiturahman, Jebres, Solo, Jawa Tengah, Mustofa Bisri, mengaku terharu dengan gerakan relawan RZ tersebut. "Ternyata masih banyak pemuda yang peduli dengan masjid," ungkap Mustofa.

Mustofa berharap dengan bersih dan asrinya masjid, jamaah menjadi bersemangat untuk memakmurkan dan menjaga kebersihan Masjid Baiturahman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement