Senin 27 Jan 2014 16:33 WIB

Memaafkan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan (3)

Saling memaafkan (Ilustrasi)
Saling memaafkan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah tulisan berjudul Forgiveness (Memaafkan), yang diterbitkan Healing Current Magazine menyebutkan bahwa kemarahan terhadap seseorang atau suatu peristiwa menimbulkan emosi negatif dalam diri orang, dan merusak keseimbangan emosional bahkan kesehatan jasmani mereka.

Artikel tersebut juga menyebutkan bahwa orang menyadari setelah beberapa saat bahwa kemarahan itu mengganggu mereka, dan kemudian berkeinginan memperbaiki kerusakan hubungan. Jadi, mereka mengambil langkah-langkah untuk memaafkan.

Disebutkan pula bahwa, meskipun mereka tahan dengan segala hal itu, orang tidak ingin menghabiskan waktu-waktu berharga dari hidup mereka dalam kemarahan dan kegelisahan, dan lebih suka memaafkan diri mereka sendiri dan orang lain.

Semua penelitian yang ada menunjukkan bahwa kemarahan adalah sebuah keadaan pikiran yang sangat merusak kesehatan manusia. Memaafkan, di sisi lain, meskipun terasa berat, terasa membahagiakan, satu bagian dari akhlak terpuji, yang menghilangkan segala dampak merusak dari kemarahan, dan membantu orang tersebut menikmati hidup yang sehat, baik secara lahir maupun batin. 

Namun, tujuan sebenarnya dari memaafkan sebagaimana segala sesuatu lainnya  haruslah untuk mendapatkan ridha Allah. Maka, ringanlah untuk meminta maaf. Ringan pulalah hendaknya untuk memberi maaf. 

sumber : Serial Harun Yahya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement