Rabu 04 Dec 2013 21:45 WIB

Muslim Norwegia Nikmati Daging Rusa Halal

Muslim Norwegia saat menunaikan shalat
Foto: thelocal.no
Muslim Norwegia saat menunaikan shalat

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Muslim Norwegia tak lagi kesulitan memperoleh daging halal, utamanya daging rusa. Ini karena, Dewan Islam Norwegia turun tangan memastikan ketersediaan daging halal bagi komunitas Muslim.

Sudah menjadi tradisi di Norwegia, ketika akhir tahun menyantap daging rusa. Namun, tidak semua tempat pemotongan hewan menyembelih sesuai ajaran Islam.

Kini, Muslim begitu mudah mendapatkan daging rusa halal. Harry Drystad, pemilik rumah potong hewan di Vilteksperten, tengah meminta bantuan tukang daging halal bersertifikat guna menyembelih 100 ekor rusa.

Tukang daging itu sengaja didatangkan dari Dubai, dengan harapan nantinya akan terjadi kerjasama dalam menggarap pasar daging halal di Norwegia. "Ide ini muncul sejak setahun lalu, ketika saya berbicara dengan Dewan Islam Norwegia," ucap dia seperti dikutip thelocal.nor, Rabu (4/12).

Dyrstad juga berencana akan memperkenalkan daging Ham halal kepada komunitas Muslim. "Saya mendengar banyak keluarga Muslim yang menggemari daging ham. Tentu kami bisa mengusahakan ini," katanya.

Sekjen Dewan Islam Norwegia, Mehtab Afsar mengatakan inovasi ini memudahkan Muslim. "Muslim jarang mengkonsumsi daging rusa. Tapi saya diberitahu daging ini sangat enak," kata dia.

Sejak berabad silam, The Sami , penduduk asli Skandinavia utara , telah beternak rusa dan gemar mengkonsumsi daging rusa. Ini yang kemudian menjadi tradisi masyarakat Norwegia ketika musim dingin tiba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement