Ahad 17 Nov 2013 22:40 WIB

'Masjid Athena Tak Hormati Sejarah Yunani'

Masjid pertama Athena, Yunani
Masjid pertama Athena, Yunani

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Berlanjutnya pembangunan masjid Athena mendapat penolakan dari partai sayap kanan Yunani, Golden Dawn. Mereka berjanji akan menggelar protes massal.

Tak hanya aksi protes, Golden Dawn mengklaim akan membatalkan pelaksanaan proyek itu melalui jalur hukum dan politik. Mereka percaya parlemen akan membatalkan pembangunan masjid tersebut.

"Pelaksanaan proyek pembangunan masjid merupakan provokasi yang belum pernah terjadi sebelumya," demikian pernyataan resmi partai tersebut seperti dilansir ekaterimini.com, Ahad (17/11).

Partai sayap kanan lainnya, Nea Mera menilai pembangunan masjid ini tak jauh dari kawasan bersejarah Yunani seperti Acropolis. Ini menandakan, komunitas Muslim tak hormat terhadap sejarah Yunani. "Aneh, rencana ini datang ketika Yunani tak berani mengajukan protes kepada Turki yang berencana menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid," kata Christos Zois, pimpinan partai tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum Yunani telah mendapatkan kontrak konsorsium untuk pembangunan masjid pertama di Athena. Proyek ini akan menghabiskan dana 946 ribu euro.  Sumber-sumber Kementerian mengatakan pekerjaan konstruksi harus dimulai awal tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement