Ahad 10 Nov 2013 09:45 WIB

Masjid Tua Karlovo Kembali Dibuka

Masjid Kurhusm Dazamiya, Karlovo, Bulgaria
Foto: onislam,net
Masjid Kurhusm Dazamiya, Karlovo, Bulgaria

REPUBLIKA.CO.ID, KARLOVO –- Ratusan warga Bulgaria berunjuk rasa di depan Dewan Kota Karlovo. Mereka menolak rencana pembukaan kembali masjid tua Karlovo.

"Kami tidak akan membiarkan," kata Stoyo Karagensi, Ketua Dewan Kota Karlovo, seperti dilansir Focus News, Ahad (10/11). Menurut Karganeski, Bulgaria akan terluka bila ada rumah Vasil Levski, pahlawan nasional Bulgaria menjadi masjid.

Protes ini bermula ketika ada rencana membuka kembali Kurhusm Dazamiya, Masjid Bullet oleh dewan mufti. Masjid dengan menara tertinggi di Bulgaria ini, sudah lama tak digunakan. Walikota Emil Kabaivanov memastikan adanya perlindungan bagi kepentingan warga Karlovo.

Awal tahun ini, terungkap Masjid Taskopru (Jembatan Batu) yang dibangun pada abad ke-16 di Plovdiv, berubah menjadi sebuah bar dan restoran. Masjid yang dibangun di era Ustmani ini sempat rusak karena gempa.

Untuk memperbaiki menara masjid hancur karena gempa, sebagian dari tanah itu dijual, tetapi perbaikan tidak dapat diselesaikan karena cukup uang. Atas putusan pemerintah,bangunan masjid dikembalikan kepada umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement