Ahad 10 Mar 2013 13:06 WIB

Rumah Zakat Ajak Perempuan Peduli Lingkungan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Heri Ruslan
Rumah Zakat
Foto: rumahzakat.org
Rumah Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Memperingati Hari Perempuan Internasional, Rumah Zakat mengadakan kegiatan bertajuk "Rumah Zakat Fair". Kegiatan ini, mengajak perempuan untuk peduli lingkungan, Jumat (8/3).

Salah satu bentuk kegiatannya, mengadakan pelatihan pengelolaan sampah Rumah Tangga dengan menggunakan Takakura, pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pemeriksaan kesehatan gratis, dan pembagian paket gratis bagi masyarakat.

"Di hari perempuan internasional ini, kami ingin mengajak para perempuan di sekitar Rumah Zakat untuk bersama-sama lebih mencintai lingkungannya,’’ ujar Public Relations Rumah Zakat Rachmatullah Oky, kepada Republika, Ahad (10/4).

Selain itu,menurut Oky, Rumah Zakat pun memberikan layanan kesehatan gratis serta paket makanan untuk masyarakat. Melalui gerakan BIG SMILE Indonesia, Rumah Zakat memiliki serangkaian program yang mendukung upaya pemberdayaan perempuan.

Yakni, kata dia, mulai dari pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi. Di bidang pendidikan pada 2012 masyarakat yang berpartisipasi di sekolah SD Juara sebanyak 1.418 anak dan SMP Juara sebanyak 198 anak. Total siswanya, sebanyak 1.616 anak dengan proporsi siswa laki-laki 872 anak dan siswa perempuan 744 anak.

Di bidang ekonomi, kata dia, ada intervensi program Kelompok Usaha Kecil Mandiri (KUKMI) dan Bantuan Sarana Usaha. Sebanyak 666 orang atau 69,59 persen dari total peserta KUKMI adalah perempuan. "Sementara untuk kesehatan, Rumah Zakat menyediakan layanan bersalin gratis bagi ibu hamil. Di tahun 2012, Rumah Zakat telah membantu 1647 kelahiran," papar Oky.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement