Senin 07 Jan 2013 08:58 WIB

Menjenguk Orang Sakit dan Hukumnya (2-habis)

Ilustrasi
Foto: double-usefulness.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Hukum menjenguk orang sakit adalah mandub (sunnah), tetapi kadang-kadang bisa menjadi wajib bagi orang tertentu.

 

Ath-Thabari menekankan bahwa menjenguk orang  sakit itu merupakan kewajiban bagi orang yang diharapkan berkahnya, disunahkan bagi orang yang memelihara kondisinya, dan mubah bagi orang selain mereka.

 

Imam Nawawi  mengutip kesepakatan (ijmak) ulama tentang tidak wajibnya, yakni tidak wajib 'ain.

 

Menurut zahir hadis, pendapat yang kuat menurut pandangan saya ialah fardhu kifayah, artinya jangan sampai tidak ada seorang pun yang menjenguk si sakit. Dengan demikian, wajib bagi masyarakat Islam ada yang mewakili mereka untuk menanyakan  keadaan  si sakit   dan menjenguknya, serta mendoakannya agar sembuh dan sehat.

 

Sebagian ahli kebajikan dari kalangan kaum muslim zaman dulu mengkhususkan sebagian wakaf  untuk  keperluan ini, demi memelihara sisi kemanusiaan.

 

Adapun masyarakat secara umum, maka hukumnya sunah muakkadah, dan kadang-kadang bisa  meningkat  menjadi wajib bagi orang tertentu yang mempunyai hubungan khusus dan kuat dengan si sakit.

Misalnya, kerabat, semenda, tetangga yang  berdampingan rumahnya, orang yang telah lama menjalin persahabatan, sebagai hak guru dan kawan akrab, dan  lain-lainnya, yang sekiranya dapat  menimbulkan  kesan  yang  macam-macam bagi si sakit seandainya mereka tidak menjenguknya,  atau  si sakit  merasa kehilangan terhadap yang bersangkutan  (bila tidak menjenguknya).

 

Barangkali  orang-orang  macam  inilah  yang  dimaksud  dengan perkataan  haq  (hak) dalam hadis "Hak orang Muslim terhadap Muslim lainnya ada lima," karena tidaklah tergambarkan bahwa seluruh kaum Muslim harus menjenguk setiap orang yang sakit. Maka yang dituntut ialah orang yang memiliki hubungan khusus dengan si sakit yang menghendaki ditunaikannya hak ini.

 

Disebutkan dalam Kitab Nailul-Authar, yang dimaksud dengan sabda beliau (Rasulullah SAW) 'hak orang Muslim' ialah tidak  layak ditinggalkan, dan melaksanakannya ada kalanya hukumnya wajib atau sunah muakkadah yang menyerupai wajib.  

Sedangkan menggunakan perkataan tersebut –yakni hak—dengan kedua arti di atas termasuk bab  menggunakan  lafal  musytarik dalam kedua maknanya, karena lafal al-haq itu dapat dipergunakan dengan arti 'wajib', dan dapat juga dipergunakan dengan arti 'tetap,' 'lazim,' 'benar,' dan sebagainya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement