Kamis 06 Dec 2012 16:26 WIB

Dubes Pakistan: Perempuan Berhak Mendapat Pendidikan

Ilustrasi
Foto: AP
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perempuan berhak memperoleh pendidikan yang sama dengan laki-laki, hal tersebut juga tidak bertentangan dengan kitab suci Alquran di agama Islam.

Demikian dikatakan Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Sanaullah.

"Sebagaimana tertulis dalam Alquran, perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama dalam menerima pendidikan, mereka diperlakukan sama," katanya di Jakarta, Kamis (6/12).

Menurut Sanaullah, melalui pendidikan akan muncul ilmu pengetahuan, yaitu ilmu yang berdasarkan fakta dan eksistensi.

"Eksistensi tersebut menjelaskan tentang keberadaan Tuhan serta aspek-aspek lain, sehingga tidak boleh ada larangan terhadap perempuan untuk memperoleh aspek pendidikan," tambahnya.

Dalam hal ini, Sanaullah berpendapat bahwa peran keluarga sangat penting dalam melindungi anak-anak perempuan dalam kesehariannya, sehingga mereka mendapat pendidikan yang layak sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, mengatakan hal yang tidak kalah penting dari pendidikan untuk perempuan adalah mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

"Perempuan juga harus melek terhadap IPTEK, karena sangat diperlukan untuk menunjang pengetahuan mereka," ujarnya.

Kesetaraan pendidikan merupakan salah satu isu yang dibicarakan dalam Konferensi Tingkat Menteri ke-4 Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jakarta, karena dinilai sangat penting untuk kemajuan perempuan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement