Rabu 07 Nov 2012 20:40 WIB

Lukman Hakim: (Alm) K.H Subakir Minta Saya Jadi Sopir Gontor

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Hafidz Muftisany
KH Imam Subakir Ahmad
Foto: dokpri
KH Imam Subakir Ahmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Saifudin, menilai Guru Senior Gontor, (Alm) KH Imam Subakir, sebagai orang yang penuh kharisma semasa hidupnya. Almarhum dikenal sebagai tangan kanan pendiri Gontor, (alm) KH Imam Zarkasyi.

"Dulu beliaulah yang pertama kali mengelola mobil di Gontor," jelasnya, saat dihubungi, Rabu (7/11). Ketika itu Gontor hanya memili sebuah truk dan sebuah kijang kotak. Lukman yang pada 1983 menduduki kelas V Kulliyatul Mu'allimin al-Islamiyah (KMI) kerap diperintahkan almarhum untuk menyupiri kedua mobil itu.

"Saya sering mengantarkan santri-santri untuk mengikuti Perkajum," jelasnya. Wakil Ketua Umum PPP ini menyatakan keprihatinan atas meninggalnya almarhum.

KH Imam Subakir dikenal sebagai mantu pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor, (alm) KH Imam Zarkasyi. Masa hidupnya dibaktikan untuk mengajar di pesantren yang berdiri semenjak Indonesia belum merdeka.

Terakhir, KH Imam Subakir menjabat sebagai Pembantu Rektor I Institut Studi Islam Darussalam (ISID) dan anggota Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor.

Almarhum meninggal pada usia mendekati 80 tahun. Dia sebelumnya dirawat di RSUD Ponorogo. Terakhir dia dirawat di RSUD Madiun, tempatnya meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement