Selasa 06 Nov 2012 21:02 WIB

Imam Bradford Dilatih Jadi Konseling Pecandu Alkohol

Rep: Agung Sasongko/ Red: Karta Raharja Ucu
Remaja puteri Inggris yang mabuk miras di pinggir jalan, ilustrasi
Foto: Guardian
Remaja puteri Inggris yang mabuk miras di pinggir jalan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BRADFORD -- Organisasi Lifeline Piccadily mengandeng Forum Imam Bradford, Inggris, guna menanggulangi masalah konsumsi alkohol di kalangan Muslim.

Para imam diberikan pelatihan sebelum berkampanye dan menangani Muslim yang ketergantungan alkohol. Sebanyak 15 imam ambil bagian dalam pelatihan itu.

Mereka diberikan pengetahuan tentang bahaya alkohol secara medis. Selanjutnya, kemampuan persuasif para imam diperkuat, sehingga pasien merasa nyaman mengikuti rehabilitasi.

"Kerjasama ini merupakan yang pertama," ungkap salah seorang aktivis senior Lifeline Piccadily, seperti dikutip the telegraphandargus.co.uk, Selasa (6/11).

Iyas Khan, anggota Bradford Imam Forum, yang turut ambil bagian dalam kampanye itu mengatakan harus diakui ada sebagian Muslim yang ketergantungan alkohol. Kebanyakan dari mereka adalah anak muda.

"Islam melarang setiap Muslim mengkonsumsi alkohol, namun pengaruh budaya setempat membuat mereka tertarik mengkonsumsinya," ungkap dia.

Karenanya Forum Imam Bradford menyambut baik kerjasama ini dengan harapan membantu mereka yang ketergantungan pada alkohol agar kembali hidup normal. Harus diakui, banyak dari mereka yang ketagihan merasa diperlakukan sebagai orang buangan.

"Tidak, tugas kami para imam untuk merangkul dan membantu mereka. Insya Allah, kami akan mengarahkan mereka kembali ke jalan yang benar. Kami akan berikan dukungan dan bantuan yang dibutuhkan," paparnya menjelaskan.

sumber : the telegraphandargus.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement