Jumat 02 Nov 2012 14:36 WIB

Mengenal Taqiyah (1)

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Chairul Akhmad
Ilustrasi
Foto: blogspot.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menegakkan kebenaran dan melarang kemungkaran adalah tugas pribadi yang diemban tiap Muslim.

Namun, memang adakalanya mereka tak bisa memungkiri saat berhadapan dengan ketidakadilan yang menyesakkan hingga mengancam nyawa seorang manusia. Kewajiban ini dapat dipenuhi secara rahasia di dalam hati.

Tindakan pencegahan melawan penyiksaan dengan cara menyembunyikan keyakinan dan praktik keagamaan melalui sikap kepura-puraan ini disebut dengan taqiyah.

John Lesposito mengatakan dalam Ensklopedi Oxford Dunia Islam Modern, di kalangan Muslim Syiah semenjak Rasulullah SAW wafat, menganggap diri mereka menjadi sasaran penyiksaan “bau” keagamaan secara terus-menerus oleh mayoritas Sunni dan pemegang kekuasaan politik.

Pengembangan terhadap prinsip ini lebih jauh, mengizinkan mereka tidak hanya melakukan perlawanan pasif atau diam-diam, melainkan— bila dianggap perlu—menyembunyikan secara aktif keyakinan mereka yang sesungguhnya demi melindungi nyawa, harta benda, dan agama mereka.

Praktik pendefinisian taqiyah seperti diambil dari tindakan Ali bin Abi Thalib. Sepupu sekaligus menantu Rasulullah tersebut, di mata kaum Syiah merupakan pewaris tunggal dan terpilih dari Rasul.

Bukannya bersikeras menyatakan haknya yang diberikan oleh Tuhan untuk mewarisi kepimimpinan umat untuk sementara, Ali malah tidak menafikan kekuasaan sejumlah musuhnya dengan maksud melindungi diri dan pada akhirnya untuk mendapatkan ketenteraman.

Ali, ketika itu, menurut kaum Syiah, memilih bersumpah setia kepada para pemimpin palsu yang dikutuk kaum Syiah sebagai kaum bid’ah. Mereka mendasari pembenaran prinsip tersebut dengan sejumlah dalil Alquran. Di antaranya, surah Ali Imran ayat 28.

“Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barangsiapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement