Rabu 31 Oct 2012 16:59 WIB

Hafiz (1)

Rep: Heri Ruslan/ Red: Chairul Akhmad
Menghapalkan Alquran (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Menghapalkan Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Hafiz adalah istilah atau gelar yang diberikan kepada mereka yang mampu menghapal Alquran, kitab suci agama Islam. 

Pada zaman dulu, gelar hafiz diberikan kepada ulama yang menguasai dan menghafal 100 ribu hadis berikut periwayatnya.

Dalam masyarakat Islam di negara manapun, seorang hafiz menduduki posisi terhormat. Sehingga, di depan nama seorang penghafal Alquran diberi gelar hafiz.

Di dunia ini terdapat jutaan hafiz. Untuk menjadi seorang hafiz, biasanya ada ujian hafalan Alquran yang dinilai oleh para guru atau ulama.

Para hafiz diuji hafalannya dalam satu tes tertentu, misalnya, mereka diminta untuk melanjutkan bacaan dari suatu ayat yang diambil secara acak dari Alquran. Seorang hafiz harus tahu semua teks dalam Alquran. Tes lainnya, seorang calon hafiz akan diminta untuk membacakan ayat-ayat yang mengandung kata atau frase tertentu.

 

Di berbagai negara Islam, seperti Mesir, Libya, Arab saudi danl ainnya, kebanyakan hafiz belajar di sekolah-sekolah Islam atau madrasah, yang mengajarkan tajwid (aturan membaca Alquran) dan vokalisasi serta menghafal Alquran yang terdiri dari 114 surat, 6.236 ayat ada juga yang menyebutkan 6.666 ayat.

Salah satu negara yang memberi perhatian khusus kepada para hafiz adalah Libya. Di negara itu, jumlah penghafal Alquran mencapai 500 ribu orang.  Negara yang terletak di Afrika Utara itu  memiliki proyeksi dan target menjadi negara sejuta penghafal Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement