Jumat 26 Oct 2012 11:48 WIB

Ba'asyir Shalat Id di Lapas Batu Nusakambangan

Abu Bakar Baasyir
Abu Bakar Baasyir

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir mengikuti Salat Id di halaman dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (26/10).

Ba'asyir yang belum genap satu bulan menghuni Lapas Batu tampak berada di saf paling depan bersama para pejabat dan narapidana penghuni lapas ini.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki ini terlihat khusyuk mendengarkan khutbah Idul Adha 1433 Hijriah yang disampaikan khatib K. H. Hasan A. Makarim yang juga imam dalam Salat Id tersebut.

Saat ditemui usai Salat Id, Ba'asyir mengatakan bahwa khutbah yang disampaikan K.H. Hasan A Makarim sangat bagus. "Semua itu perlu pengorbanan, seperti pengorbanan Nabi Ibrahim yang tadi diterangkan sangat bagus (oleh khotib)," katanya.

Ketika ditanya apakah turut berkurban pada Iduladha 1433 H ini, dia mengaku hanya bisa memberikan kurban satu ekor kambing. "Saya hanya mampu satu ekor kambing, semoga bisa memberikan berkah," katanya.

Secara terpisah, Kepala Lapas Batu Hermawan Yunianto mengatakan bahwa jumlah hewan kurban di lapas ini mencapai 15 ekor yang terdiri atas satu ekor sapi dan 14 kambing. Menurut dia, sebagian besar hewan kurban tersebut berasal dari para pegawai dan narapidana Lapas Batu.

"Daging hewan-hewan kurban ini akan dibagikan untuk seluruh warga binaan Lapas Batu. Namun, tentunya akan dimasak terlebih dahulu karena mereka tidak mungkin memasak sendiri. Sebagian daging kurban akan kami distribusikan ke lapas lainnya, terutama yang hewan kurbannya sangat sedikit," tandasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement