Rabu 24 Oct 2012 20:14 WIB

Sapi 'Limosin' Pakde Karwo untuk Rakyat

Rep: Amri Amrullah/ Red: Hafidz Muftisany
Gubernur Jawa Timur Soekarwo
Foto: lensaindonesia
Gubernur Jawa Timur Soekarwo

REPUBLIKA.CO.ID, Mobil Limosin memang sudah terkenal mahal. Begitu juga istilah Limosin lain yang disematkan pada Sapi kualitas unggul, Sapi Limosin.

Sapi yang memiliki berat melebihi standar sapi lokal ini menjadi primadona dalam setiap momentum penyembelihan di hari raya Idul Adha.

Tak terkecuali Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini menyumbangkan seekor sapi limosin seberat 1,1 ton di hari raya kurban 1433 H tahun ini. Sapi Limosin merah itu adalah sapi unggulan Kelompok Peternak Sumber Rejeki Sukosewu, Bojonegoro.

Tidak tanggung-tanggung uang yang perlu dirogoh untuk membeli sapi ini pun senilai Rp 39,5 juta. Nilai itu memang masih sangat layak bila dilihat dari sisi Gubernur. Dipastikan sapi limosin milik gubernur ini akan menjadi sapi primadona di hari raya kurban kali ini.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Maskur mengatakan primadona sapi Pakde Karwo ini dibeli dari Kusnan anggota Kelompok Peternak Sumber Rejeki Sukosewu, Bojonegoro. Sapi limosin Pakde Karwo akan disembelih bersama 27 ribu sapi dan 273 kambing yang disumbangkan dari Pemerintah Provinsi ke rakyat Jawa Timur. "Jumlah ini naik 10 persen dari tahun lalu," ungkap Maskur.

Ribuan Sapi dan ratusan kambing ini penyembelihannya akan disebar di beberapa wilayah di kota Surabaya hingga wilayah sekitar Surabaya. Seperti Gresik dan Sidoarjo. "Jumlah ini untuk tiga wilayah," ungkapnya.

Untuk Sapi limosin milik pak Gubernur, Kepala Subbagian Bina Kehidupan Beragama Biro Admistrasi Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Setdaprov Jatim Asyik Ismoyo memastikan penyembelihan akan dilakukan di Masjid raya Al-Akbar Surabaya. "Sebelum penyembelihan dilakukan seremonial penyerahan dari Wakil Gubernur (Wagub), Saifullah Yusuf ke pelaksana kurban," ungkapnya.

Sedangkan Wagub, yang sering disapa Gus Ipul juga akan memberikan hewan kurbannya berupa sapi limosin yang tak kalah besar bersamaan dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Rasiyo. "Sapi Gus Ipul limousin hitam seberat 800 kilogram, sedangkan Sekda sapi metal merah berat 700 kilogram. Kedua sapi tersebut berasal dari Pasuruan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement