Sabtu 20 Oct 2012 16:04 WIB

Kloter Terakhir Terbang, Asrama Haji 'Istirahat'

Rep: Alicia Saqina/ Red: Dewi Mardiani
Jamaah calon haji berkumpul di Asrama Haji Pondok Gede untuk didata kelengkapan dokumennya.
Foto: Republika/Agus Supriyanto
Jamaah calon haji berkumpul di Asrama Haji Pondok Gede untuk didata kelengkapan dokumennya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Embarkasi Jakarta atau Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (20/10) sedang beristirahat. Tidak terdapat suatu aktivitas besar yang dilakukan para warganya.

Selaku pihak yang bertanggung jawab atas segala kegiatan jamaah selama berada di asrama, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta pun, rehat sejenak. Namun sambil tetap mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan, pada saat proses pemulangan jamaah, beberapa panitia masih bertugas.

Sepinya aktivitas di asrama, karena kelompok terbang (kloter) terakhir dari embarkasi ini sudah diberangkatkan. Kloter terakhir atau kloter ke 50 Embarkasi Jakarta diberangkatkan Sabtu (20/10) pagi, dari Bandara Soekatno Hatta (Soetta).

Wakil Ketua II PPIH Embarkasi Jakarta, Dimyati RF, mengatakan aktivitas tak berhenti total. Hanya saja sambil menunggu kepulangan rombongan jamaah di November mendatang, beberapa bangunan di kompleks asrama haji digunakan untuk publik. ''Sementara kosong. Hari Senin (22/10) dan Selasa (23/10) kompleks Kakbah akan digunakan untuk manasik haji,'' tutur dia, Sabtu.

Dimyati menuturkan, yang akan bermanasik ialah rombongan para pelajar taman kanak-kanak (TK). Pada dua hari tersebut, sekitar delapan ribu siswa TK sudah berikut pengantarnya akan memenuhi halaman yang cukup besar di depan Masjid Al Mabrur, asrama. Tingkat keramaian jamaah cilik tersebut, kata dia, sepertinya akan melebihi dari operasional haji yang biasa. ''Pihak sekolah sudah berkirimsurat, akan menggunakan Kakbah katanya,'' ucapnya.

Selain itu, persiapan yang dilakukan PPIH di asrama ialah mengenai penerimaan barang bawaan jamaah. Rencana, di gedung Serbaguna (SG) II akan diatur mengenai peletakan bagasi jamaah. ''Barang bawaan akan ditata petugas dan dikelompokkan per rombongan,'' imbuhnya. Saat proses pemulangan, sesampainya kembali jamaah di asrama, akan diatur, agar jamaah berbaris sesuai jumlah rombongan. Sehingga untuk pengambilan bawaan jamaah pun lebih mudah. ''Ini akan dimulai sejak tanggal 1 November.''

Saat ini walaupun seluruh jamaah calon haji telah berangkat ke Tanah Suci, tetapi karyawan, petugas keamanan dan penjaga gedung-gedung yang ada di Asrama Pondok Gede, tetap bertugas. ''Kami pegawai asrama tetap masuk, walau gedung inap sekarang kosong tidak ada tamu,'' ucap seorang petugas gedung inap asrama. Untuk petugas tenaga keamanan, tetap berjaga 24 jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement