Senin 15 Oct 2012 07:44 WIB

22 Calhaj Embarkasi Palembang Batal Berangkat

Jamaah haji Indonesia (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty
Jamaah haji Indonesia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Sebanyak 22 jamaah calon haji embarkasi Palembang batal berangkat menuju Arab Saudi karena berbagai alasan.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Palembang, Abdul Qudus, mengatakan jamaah calon haji yang batal berangkat itu mulai dari kelompok terbang pertama hingga 19.

“Kebanyakan mereka sakit dan alasan keluarga sehingga calon haji itu belum bisa berangkat menuju Tanah Suci,” kata dia, Senin (15/10).

“Kemungkinan besar mereka akan menunaikan rukun Islam kelima itu pada 2013 karena kelompok terbang yang belum diberangkatkan dua lagi.”

Menurut Abdul, sebenarnya bila dihitung mulai kelompok terbang pertama hingga 19 ada 28 jamaah yang tertunda, tetapi enam diantaranya bisa diberangkatkan melalui kelompok terbang berikutnya.

Hal ini bisa saja bila jamaah yang sakit sudah sembuh berangkat melalui kelompok terbang berikutnya. Namun, bila belum sembuh terpaksa berangkat tahun mendatang. “Selain itu, dari pemberangakan Embarkasi Palembang dua calon haji meninggal sebelum masuk asrama,” ungkap Abdul.

Jamaah calon haji Embarkasi Palembang terdiri dari jamaah asal Sumsel dan Bangka Belitung dengan total kelompok terbang 21. Khusus untuk Sumsel tercatat 6.260 jamaah calon haji dengan 18 kelompok terbang dan selebihnya asal Bangka Belitung.

Jamaah calon haji itu sebelum berangkat harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk perlengkapan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement