Ahad 14 Oct 2012 17:30 WIB

Selasa, Keberangkatan Kloter Terakhir Madinah ke Makkah

Rep: Endah Hapsari/ Red: Dewi Mardiani
Jamaah calon haji Indonesia baru tiba di Makkah, setelah menempuh tujuh jam perjalanan dari Madinah.
Foto: Heri Ruslan/Republika
Jamaah calon haji Indonesia baru tiba di Makkah, setelah menempuh tujuh jam perjalanan dari Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Kelompok terbang terakhir dari gelombang satu jamaah calon haji Indonesia dari Madinah akan berangkat ke Makkah pada Selasa (16/10).

‘’Pada Ahad (14/10) pagi, masih ada 6.000-an jamaah yang berada di Madinah. Sedangkan pada Ahad siang, setelah Zuhur, seluruh jamaah berangkat semua kecuali kloter Lombok 7 yang akan berangkat Selasa nanti,’’ ujar Sekretaris Misi Haji Indonesia Daerah Kerja Madinah, Mohammad Sofwan Abdul Djani, Ahad (14/10).

Keberangkatan kloter Lombok 7 masuk gelombang terakhir karena mereka juga tiba paling akhir. Gelombang pertama jamaah calon haji 2012 yang memasuki Madinah telah berakhir dengan kloter terakhir yang masuk adalah jamaah dari embarkasi Lombok. ‘’Kloter Lombok juga rencananya akan diberangkatkan setelah Zuhur,’’ papar Sofwan.

Sofwan sendiri menilai hingga kini proses keberangkatan jamaah berlangsung lancar. Tak ada lagi kendala berarti seperti ada bus jamaah yang tidak singgah di tempat miqat di Bir Ali yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dia juga mengungkapkan, seluruh barang bawaan jamaah juga telah terangkut ke Makkah. Alhasil, Sofwan memastikan tidak ada lagi barang bawaan para calon haji yang tertinggal di Madinah. ‘’Semua tas yang sempat tercecer sudah terangkut dan telah masuk juga ke masing-masing kloter,’’ ujarnya.

Menurut data dari Sistem Komputerisasi Haji Indonesia (Siskohat) pada Ahad (14/10) pukul 12.00 waktu Arab Saudi, masih ada empat kloter dengan sekitar 1.400-an jamaah yang masih ada di Madinah. Sedangkan kloter yang telah tiba di Makkah mencapai 363 kloter dengan jumlah jamaah mencapai 145.819.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement