Senin 08 Oct 2012 13:30 WIB

Bus Jamaah Haji Terguling, Dua Tewas

Bus angkutan jamaah haji menuju Masjidil Haram
Foto: Heri Ruslan/Republika
Bus angkutan jamaah haji menuju Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID,  MAKKAH -- Bus sholawat yang mengangkut jamaah calon haji yang dari pemondokan ke Masjidil Haram terguling di pintu Terowongan Mahbas Jin pada pukul 04.15, Senin (8/10).

Dua orang dilaporkan tewas  dan 18 orang luka-luka akibat kecelakaan maut tersebut.

Menurut Kepala Pos Transportasi Indonesia, Muchlis Muhtar, ketika bus terguling terdengar benturan keras. ''Saat itu saya berada 20 meter dari lokasi kejadian,'' papar Muchlis kepada wartawan. Bus, kata dia, terguling setelah menabrak tiang listrik.

Posisi bus, kata dia, posisi pintunya berada di bagian atas. Bus bernomor U2589 itu, tutur Muchlis, dikemudikan oleh sopir dari Sudan. ''Kaki sopirnya patah,'' kata dia.

10 menit kemudian, empat ambulans langsung mengevakuasi korban ke rumah sakit terdekat. Mobil derek juga langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Terowongan Mahbas Jin langsung ditutup dan jamaah calon haji diminta untuk shalat di pemondokan. Terowongan ditutup hingga pukul 07.00 waktu Arab Saudi.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui adanya korban jamaah dari Indonesia. Petugas haji Indonesia masih melakukan pengecekan ke rumah sakit terdekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement