Senin 08 Oct 2012 05:00 WIB

Bandara Gelap Pemberangkatan Calhaj Kolaka Tertunda

Jamaah calon haji kloter pertama embarkasi Surabaya menuju ke pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jatim, Jumat (21/9).
Foto: M Risyal Hidayat/Antara
Jamaah calon haji kloter pertama embarkasi Surabaya menuju ke pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jatim, Jumat (21/9).

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR--Pemberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menuju Embarkasi Haji Makassar, Sulawesi Selatan, tertunda beberapa jam karena pesawat pengangkut jemaah tersebut tidak bisa berangkat dalam keadaan gelap pada waktu subuh hari.

Kepala Dinas Perhubungan Kolaka, Nurcholis di Kolaka, Minggu, lampu di Bandara Sangia Ni Bandera masih terbatas, sehingga pesawat Wings Air yang akan mengangkut calon jemaah haji yang rencananya pada pukul 05.00 Wita ditunda hingga pukul 08.00 Wita.

"Tertundanya pemberangkatan calon jemaah haji dari Bandara Sangia Ni Bandera pada subuh hari karena hal teknis yang tidak tersedia sarana penerangan lampu bandara," katanya.

Namun molornya pemberangkatan calon jemaah haji dari waktu subuh hingga pagi hari itu tidak terlalu berpengaruh terhadap perjalanan ke Embarkasi Haji Makassar karena waktu masuk ke embarkasi tersebut masih longgar dan waktu tibanya di sana juga sudah keadaan terang di pagi hari.

"Penundaan penerbangan itu jutsru menguntungkan jamaah karena mereka tiba di Embarkasi Makassar tidak terlalu pagi hari, sehingga panitia penjemputan juga bisa menghemat biaya," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang petugas Haji Kantor Kementerian Agama Kolaka, Syarifuddin mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menerima surat tembusan tentang jadwal keberangkatan yang tertunda.

"Kalau sesuai jadwal seharusnya pukul 05.00 Wita subuh hari calon jemaah haji sudah berangkat menuju Embarkasi Makassar, namun ada penundaan sehingga jamaah bisa berangkat pada pukul 08.00 Wita," katanya.

Ia menyebutkan, calon jemaah haji asal Kolaka yang akan berangkat pertama pada hari Minggu melalui Bandara Sangia Ni Bandera menuju Bandara Hasanuddin sebanyak 416 dari 460 orang.

Pemberangkatan jemaah tersebut dilakukan dua kali penerbangan dengan menggunakan pesawat Wings Air, dan mereka akan bergabung pada kloter 27 di Embarkasi Makassar.

Akibat tertundanya pemberangkatan pesawat tersebut, para calon jemaah haji terpaksa beristrahat di dalam dan di luar Bandara sambil menunggu jadwal pemberangkatan calon jemaah haji itu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement