Sabtu 15 Sep 2012 13:25 WIB

Warga NU Diajak Kembali ke Pesantren

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Nahdatul Ulama
Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Nahdatul Ulama

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siroj, mengajak warga NU untuk kembali ke pesantren. Diharapkan dari pesantren inilah bisa dibangun kembali semangat kebangsaan yang mengedepankan nilai kejujuran, kebersamaan dan gotong royong.

''NU ingin kembali ke pesantren di tengah kehidupan yang begitu pragmatis. Ini perlu dilakukan, tidak hanya secara fisik saja,'' kata Said Aqil saat berbicara pada pembukaan Musyawarah Nasional Alim Ulama NU(Munas) di Pesantren Kempek, Cirebon, Sabtu (15/9).

Said Aqil mengatakan, dengan menggelar acara Munas ini di pesantren yang ada di pedesaan membuktikan bahwa nilai-nilai Pancasila masih tetap hidup di masyarakat. ''Itulah cara NU dan pesantren dalam berPancasila,'' ujarnya.

Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar NU ini akan digelar hingga 17 September 2012. Dalam acara pembukaan ini terlihat hadir sejumlah pengurus PBNU, pengasuh pesantren Kempek KH Djaffar Sodiq Aqil Siroj serta Menteri PDT, Hilmi FaisalMunas ini diikuti oleh 600 ulama NU yang berasal dari 33 wilayah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement