Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Barcelona, Pusat Peradaban Islam di Iberia (1)

Rabu 12 Sep 2012 17:40 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Hafidz Muftisany

Direktur Pusat Kebudayan Islam, Catalan Islamic Cultural Center, Salim Benarama

Direktur Pusat Kebudayan Islam, Catalan Islamic Cultural Center, Salim Benarama

Foto: gulfnews

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA--Pada masa kejayaan, Barcelona merupakan salah satu pusat peradaban Islam di jazirah Iberia. Sekarang, kejayaan yang sempat menghilang kembali hidup, tumbuh dan berkembang. Data statistik Dewan Kota Barcelona, menyebutkan jumlah Muslim Barcelona mencapai 500 ribu jiwa, atau hampir sepertiga Muslim Spanyol.

Tak hanya itu, lebih dari 11 masjid dan 30 komunitas Muslim dari berbagai negara berada di kota ini. Catalan Islamic Cultural Center menjadi pusat dari rintisan dakwah Islam di tanah Catalan. Direktur Pusat Kebudayan Islam, Catalan Islamic Cultural Center, Salim Benarama, 33 tahun, mengungkap hampir selusin masjid berdiri di Barcelona.

Kebanyakan berada di Apartemen dan garasi. Keberadaan masjid itu mempengaruhi geliat dakwah Islam. "Tahun ini saja, lebih dari 170 warga Barcelona yang memeluk Islam," papar dia seperti dikutip gulfnews.com, Rabu (12/9).

Melihat bangunan Islamic Center, tampak pintu yang terbuat dari kayu dengan guratan seni Islam. Di langit-langit,  terdapat petikan surat Surrah Al Hujurat [49:13] "Kami ciptakan kami dari seorang laki-laki dan perempuan, dan membuat kalian menjadi bersuku-suku dan berbangsa-bangsa supaya kalian salling mengenal satu sama lain,". Turun ke bawah, tampak pembangunan Islamic tengah berlangsung.

Nantinya, pada bagian bawah ini diperuntukkan untuk masjid. Apabila selesai, masjid ini mampu menampung 1.300 jamaah. Bentuk bangunannya mengikuti gaya Andalusia.

sumber : gulfnews
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA